suplemenGKI.com

BAHAGIA ITU DIBERKATI

Matius5:1-12

 

Pengantar

Setelah Yesus memanggil murid-murid-Nya: Simon yang disebut Petrus, Andreas, saudaranya, Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya (Mat. 5:18-22). Yesus berkeliling di seluruh Galilea dan mengajar dalam rumah-rumah ibadat, memberitakan Injil Kerajaan Allah dan menyembuhkan segala penyakit dan kelemahan di daerah itu. Maka tersiarlah kabar ke seluruh daerah Siria tentang apa yang dilakukan oleh Yesus dan dibawalah kepada Yesus semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita berbagai macam penyakit, yang kerasukan dan Yesus menyembuhkan mereka. Berita tentang perbuatan besar yang dilakukan oleh Yesus tersebar ke semua daerah. Oleh sebab itu, mereka berbondong-bondong untuk mencari dan mengikut Yesus (dengan berbagai tujuan). Mereka datang dari Galilea, Dekapolis, Yerusalem, Yudea dan dari seberang sungai Yordan.

Pemahaman

  • Ayat1-2          :Apa yang dilakukanYesusketikamelihat orang banyakmengikuti-Nya?
  • Ayat 3-12       : Apa yang dimaksuddengan kata bahagia? Siapasaja yang berbahagia di duniaini?

 

Ketikamelihat orang banyak yang berbondong-bondong mengikuti-Nya itu, Yesus naik keatas bukit dan mulai mengajar murid-murid-Nya yang ada di sana. Yesus mengunakan kesempatan itu untuk memberikan pengajaran kepada mereka dan untuk memberitakan Injil bagi mereka.

Kata Yunani makarios artinya: “bahagia, diberkati“. Tetapi sering kebahagiaan itu hanya dikaitkan dengan perasaan tenang dan tenteram semata. Maka, makarios dapat diartikan lebih luas dengan “terberkati, beruntung, karena kebaikan Surgawi“. Orang yang terberkati akan tetap berbahagia sekalipun mengalami banyak masalah, bahkan saat menanggung beban penderitaan. Hal itu bisa terjadi karena mereka percaya bahwa Yesus akan selalu menyertai mereka dalam keadaan apapun. Kata Yunani makarios bukan berarti “semoga kamu bahagia“, tetapi “kamu sekarang adalah berbahagia/terberkati

Yang menurut Yesus berbahagia atau terberkati adalah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga (ay. 3), orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur (ay. 4), orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi (ay. 5), orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan (ay. 6),orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan (ay. 7),orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah (ay. 8), orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah (ay. 9),orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga (ay. 10), dan yang karena Yesus mereka dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Orang-orang seperti inilah yang akan bersukacita dan bergembira karena mereka akan menerima upah yang besar disorga. Khotbah Tuhan Yesus di atas pastilah mengejutkan orang-orang yang mendengar-Nya pada zaman itu, seperti yang masih terjadi pula pada masa kini. Ada paradoks yang sangat jelas dalam setiap kalimat ini. Tuhan Yesus mengucapkan berkat dan kebahagiaan atas mereka yang kita anggap tidak beruntung, miskin dan sangat kekurangan. Philip Yancey menyimpulkan sabda tsb dengan “beruntunglah mereka yang tidak beruntung” sebagai cara untuk menjelaskan konsep “berbahagialah atau diberkatilah.

Refleksi

Renungkanlah: Apakah hidup kita selama ini juga ingin mendapatkan kebahagiaan? Tuhan memberikan kebahagiaan atau berkat-NYA hanya kepada orang yang layak untuk menerimanya, yaitu orang-orang yang hidupnya tertuju kepada Tuhan.

Tekadku

Tuhan tolong saya untuk bisa merasakan kebahagiaan dan berkat bukan menurut ukuran dunia, tetapi berdasarkan kasih dan penyertaan-Mu selama saya di dunia ini.

Tindakanku

Mensyukuri kehidupanku selama di dunia ini karena Yesus akan selalu memberkati dan menyertai saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«