suplemenGKI.com

Bacaan : Yohanes 20 : 24 – 31

Tema : Percaya walaupun tak melihat

PENGANTAR
Dalam kehidupan beriman, ada sebagian orang yang selalu meminta bukti. Kalau tidak melihat fakta yang kasat mata atau bukti yang masuk akal mereka tidak mau percaya. Tomas adalah orang yang seperti itu, ia tidak hadir waktu Tuhan Yesus menampakkan diri kepada teman-temannya. Ketika mereka memberitahukan kepadanya bahwa  Tuhan Yesus telah bangkit maka Tomas tidak percaya. Bahkan Tomas mengatakan kepada mereka, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan jariku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya”. Mengapa Tomas tidak percaya kalau Tuhan Yesus sudah bangkit ? renungan hari ini akan memaparkannya.

PEMAHAMAN

  1. Mengapa Tomas tidak percaya kalau Tuhan Yesus sudah bangkit ? ( ayat  24-25 )
  2. Bagaimana Tuhan Yesus menjawab keraguan Tomas ? ( ayat 26 – 29 )

Peristiwa penderitaan dan kematian Yesus di kayu salib membuat Tomas sangat kecewa. Semula Tomas mengharapkan Yesus Kristus sang Mesias dapat menegakkan kerajaan-Nya di bumi ini. Umat Allah akan di bebaskan oleh Mesias, namun  Tomas melihat kenyataan bahwa Yesus sang mesias di tangkap, di adili, disiksa dan mati dengan tragis di kayu salib. Melihat kenyataan tersebut Tomas menjadi sedih, kecewa dan putus asa. Ia tidak lagi memiliki pengharapan kepada Yesus. dan karena itu ia tidak mengira kalau Yesus sang Mesias itu telah bangkit. Itu sebabnya ketika teman—temannya memberitakan tentang  Yesus yang telah bangkit maka Tomas mengatakan bahwa kalau ia belum melihat sekali-kali ia tidak mau percaya. Bukankah pada saat ini juga banyak orang yang tidak percaya kepada Tuhan seperti Tomas ? untuk dapat percaya mereka menuntut bukti-bukti konkrit, tanda-tanda ajaib, mujizat dan lain sebagainya.

Tuhan tahu apa yang menjadi pergumulan dan kkebutuhan Tomas. Seminggu kemudian murid-murid Tuhan Yesus berkumpul kembali di tempat itu dan Tomas hadir juga. Semua pintu terkunci, tiba-tiba Tuhan Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka, lalu berkata, “Damai sejahtera bagi kamu”. Dan  secara khusus Tuhan Yesus berkata kepada Tomas, “Taruhlah jarimu di sini, dan lihatlah tangan-Ku. Ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi melainkan percayalah”. Dari peristiwa tersebut kita melihat kepedulian Tuhan Yesus kepada Tomas. Tuhan Yesus datang untuk meneguhkan imannya. Tuhan Yesus juga mengerti kelemahan kita. Dia mau datang menguatkan dan menolong kita pada saat kita lemah. Dan Tuhan juga akan berkata kepada kita, “Jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah”. Ketika kita mengalami hal itu pasti hati kita akan tentram damai. Terpujilah Tuhan.

REFLEKSI
Marilah kita mengambil saat hening dan merenungkan ! Pernahkah saudara memiliki sikap seperti Tomas, tidak percaya atau ragu-ragu kepada Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya karena seringkali iman saya juga penuh keragu-raguan.

TINDAKANKU
Supaya iman saya kuat saya harus setia bersekutu dalam acara PA dan KD sektor.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«