suplemenGKI.com

ADVENT 1: BERJAGA-JAGA

Matius 24:40-44

 

Pengantar

Hari ini adalah Minggu Advent pertama. Advent berasal dari bahasa Latin adventus artinya kedatangan. Kedatangan yang dimaksud di sini adalah kedatangan Kristus. Masa Advent dihayati sebagai masa penantian yang penuh dengan pengharapan dan kerinduan akan kedatangan Tuhan Yesus Kristus, Sang Penebus dunia yang dapat dan mau menyelamatkan kita. Lalu bagaimanakah seharusnya sikap kita selama masa penantian kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali?

Pemahaman

  • Ayat 40-41    : Bagaimana Yesus menggambarkan kedatangan-Nya?
  • Ayat 42-44    :Bagaimana seharusnya sikap kita dalam masa penantian Kedatangan-Nya?

Ay. 40-41Pertama Yesus memberikan gambaran bahwa ketika dua orang bekerja di ladang, yang siap dibawa yang tidak siap ditinggalkan. Kedua, dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang siap dibawa dan yang tidak siap ditinggalkan. Hal itu menegaskan bahwa kedatangan Anak Manusia seharusnya terus-menerus menjadi pusat perhatian setiap orang percaya saat berkarya di bumi ini. Mereka harus siap sedia dalam menghadapi hari kedatangan Tuhan supaya mereka tidak “ditinggalkan” dan tidak mendapatkan keselamatan.

Sikap yang seharusnya kita lakukan ketika dalam masa penantian adalah seperti apa yang dinasehatkan oleh Yesus kepada semua orang yaitu berjaga-jaga (Ayat 42-43). Berjaga-jaga artinya siap sedia dan waspada kapanpun Yesus datang, karena kitatidak tahu pada hari mana Tuhan kita datang. Oleh sebab itu, marilah menjalani kehidupan sehari-hari, bekerja dan melayani, dengan tetap terfokus pada pengharapankedatanganAnak Manusia. Dengan cara tetap menjaga kekudusan hidup kita di hadapan Tuhan, supaya hidup kita berkenan di hadapan-Nya. Sebagai orang percaya yang tahu bahwa kedatangan Kristus begitu tiba-tiba dan tidak terduga,kita juga jangan hanya sibuk mempersiapkan diri kita sendiri. Mari menyuarakan kebenaran, dengan memberitakan kabar ini kepada siapapun juga untuk waspada dan berjaga, agar pada hari kedatangan-Nya anggota keluarga kita, sahabat, teman bahkan siapa saja yang kita jumpai tidak ada yang tertinggal untuk menikmati anugerah hidup yang kekal bersama-Nya di Surga. Kita juga bersyukur menjadi bagian dari gereja Tuhan yang terus berkarya untuk menghadirkan Tuhan di tengah dunia yang membutuhkan keselamatan.

 

Refleksi

Renungkanlah: Apakah hidup kita sudah benar-benar “siap” dan layak di hadapan Tuhanuntuk menyambut hari kedatangan Tuhan yang datang secara tiba-tiba? Apakah kita sudah memberitakan kabar ini kepada orang lain?

 

Tekadku

Ya Tuhan, tolong saya supaya saya tetap bisa berjaga-jaga dan siap sedia untuk menanti kedatangan-Mu dalam keadaan apapun dalam setiap waktu. Supaya ketika Tuhan datang nanti saya bisa ikut bersama dengan Tuhan dan tidak ditinggalkan.

Tindakanku

Hari ini saya akan memberitakan hari kedatangan Tuhan yang tiba-tiba kepada siapapun orang yang saya jumpai: keluarga, saudara, sahabat, teman dll. Supaya mereka juga bisa waspada dan juga berjaga-jaga dalam menanti kedatangan Tuhan ke dunia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«