suplemenGKI.com

PENGHARAPAN MENYONGSONG AKHIR ZAMAN

MARKUS 13: 24-32 (lanjutan)

 

Menjawab pertanyaan para murid mengenai tanda akhir zaman (13:4), Yesus sekali lagi mengajak mereka memperhatikan alam di sekitar mereka. Selain memperhatikan gejala alam yang besar: matahari, bulan dan bintang-bintang, mereka juga harus memperhatikan tanda lain yang lebih sederhana namun lebih dekat dengan mereka, yaitu pohon ara. Di tanah Palestina kebanyakan pohon tetap hijau daunnya di sepanjang tahun. Tapi tidak demikian dengan pohon ara. Daun-daun pohon ara akan habis berjatuhan selama musim gugur. Pada musim semi cabang-cabangnya mulai mengeluarkan getah dan kemudian bertunas. Jika tunas-tunas daun ara mulai bermunculan, itu berarti bahwa musim panas akan segera datang.

 

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

  1. Ayat 28-29: Dengan ilustrasi pohon ara ini, pelajaran apa yang hendak Yesus sampaikan kepada para muridNya? Apa hubungannya dengan keadaan murid pada waktu itu? Apa hubungannya dengan para pembaca Injil Markus (yaitu gereja mula-mula)? Apa hubungannya dengan kita, anggota jemaat masa kini?
  2. Ayat 30-31: Menurut Anda, siapakah yang dimaksudkan Yesus dengan ”angkatan ini”: para muridNya, atau semua orang yang sezaman dengan Yesus, atau anggota jemaat gereja mula-mula, atau orang-orang Kristen masa kini? Apa tujuan Yesus mengungkapkan kalimat ini? Apa hubungannya dengan perkataanNya yang tidak akan berlalu?
  3. Ayat 32: Apa hubungan kalimat ini dengan tanda-tanda yang diungkapkan Yesus di ayat-ayat sebelumnya? Apa tujuan Yesus menegaskan misteri waktu akhir zaman?
  4. Menurut Anda, bagaimanakah cara yang terbaik bagi murid-murid Kristus (termasuk orang-orang Kristen masa kini) untuk mempersiapkan diri menghadapi akhir zaman? Apa yang harus kita lakukan?

 

RENUNGAN

Dalam ayat-ayat terdahulu, Yesus telah menyatakan bahwa menjelang datangnya akhir zaman para murid akan mengalami siksaan yang berat (13:14 dst). Tahapan perkembangan daun pohon ara yang digunakan sebagai ilustrasi di sini akan sangat penting artinya bila dihubungkan dengan penderitaan yang harus mereka hadapi itu.  Setelah musim gugur (yaitu masa ketika daun-daun pohon ara berjatuhan) akan datang musim semi (yaitu ketika daun-daun itu bertunas) , dan akan segera disusul dengan musim panas (pohon ara itu akan berbunga dan kemudian menghasilkan buah). Seperti mereka mengamati dan menantikan siklus pertumbuhan pohon ara ini, demikianlah seharusnya mereka menghadapi datangnya akhir zaman: dengan hati yang mantap dan penuh pengharapan.

Dalam perjalanan gereja di sepanjang sejarah, di segala tempat, kita dapat melihat siklus itu terjadi berulang-ulang.  Masa-masa penuh penderitaan, tekanan, bahkan penganiayaan terjadi terhadap murid-murid Kristus dari zaman ke zaman. Sampai kapan?  Sampai seluruh ”angkatan ini” berlalu. Bagaimanapun kita memahami istilah tersebut, sangat jelas bahwa kita termasuk dalam ”angkatan” yang disebutkan Yesus itu karena kita juga melihat (bahkan,sebagian dari kita juga mengalami) penderitaan dan penganiayaan terhadap murid-murid Kristus.  Bersandarlah kepada firman-Nya yang kekal, agar Anda mampu melewati masa-masa sukar.

 

Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. (Markus 13:31)

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*