suplemenGKI.com

Minggu, 27 Mei 2012.

26/05/2012
Holy Spirit

Holy Spirit

Kisah 2:1-21

Roh Kudus Hadir Dalam Dunia

                Pada bagian ini menceritakan bagaimana Roh Kudus turun ke atas para murid bertepatan dengan hari Pentakosta, suatu perayaan tahun yang penting bagi bangsa Yahudi. Perayaan Pentakosta ini dirayakan lima puluh hari setelah perayaan paskah Yahudi.

  1. Apa yang terjadi pada hari Pentakosta itu?
  2. Tanda-tanda apakah yang menyertai hari Pentakosta itu?
  3. Apa yang telah Petrus lakukan pada hari raya tersebut?

 

Renungan:

Untuk memahami bagian ini, kita mengingat janji Tuhan Yesus kepada murid-muridNya dalam Kis 1:8” Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”  Roh Kudus yang dijanjikan itu akhirnya digenapi pada hari Pentakosta. Inilah hari yang ditunggu-tunggu oleh para murid, karena mereka tidak diperbolehkan keluar dari Yerusalem sebelum Roh Kudus dicurahkan.

Ada tanda-tanda yang mengikuti pencurahan Roh Kudus atas para murid, yang pertama, lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka. Kedua, para murid tiba-tiba dapat berkata-kata dalam bahasa lain. Ketiga, mereka yang mendengarkan para murid berbicara dalam bahasa yang lain dapat mengerti bahasanya. Tanda-tanda yang hadir dalam hari Pentakosta ini mendapat tanggapan yang berbeda, ada yang menyatakan kekagumannya dan keheranannya atas apa yang terjadi pada murid-murid, namun juga ada yang mengatakan bahwa mereka semua mabuk oleh anggur.

Petrus mulai menjelaskan apa yang sedang terjadi pada diri para murid. Pertama-tama Petrus menyanggah bahwa para murid tidak mabuk karena hari masih pukul sembilan. Petrus menjelaskan bahwa yang terjadi pada murid murid sesuai dengan apa yang dinubuatkan oleh nabi Yoel, mereka tidak mabuk namun dipenuhi oleh Roh Kudus.

Pada bagian selanjutnya Petrus mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi atas diri Yesus orang Nazaret . Yesus yang banyak membuat tanda-tanda dan mujizat-mujizat di dalam dunia ini telah dianiaya, disalib dan dikuburkan oleh orang-orang Yahudi sendiri. Namun Allah telah membangkitkanNya dan Yesus yang telah bangkit inilah yang berjumpa dengan para murid, termasuk Petrus di dalamnya.

Hasil dari khotbah Petrus itu sangat luar biasa, karena banyak orang yang bertobat dan memberikan dirinya dibaptis, jumlah mereka waktu itu tiga ribu orang dan terus bertambah banyak. Mereka juga memiliki persekutuan yang hidup, dimana mereka saling memperhatikan satu dengan yang lain.

Kehadiran Roh Kudus pertama kali berdampak sangat luar biasa pada perkembangan kekristenan di dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan besar adalah: Apakah kehadiran Roh Kudus mengubah hidup kita sehingga menjadi lebih baik dan berkenan kepadaNya? Apakah Roh Kudus juga mengubah orang-orang yang ada disekitar kita?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab ketika kita berkata: Mari Roh Kudus pakailah saya sebagai alatMu untuk mengubah dunia ini menjadi dunia yang berkenan kepadaMu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»