suplemenGKI.com

Minggu, 27 Juni 2021

26/06/2021

MEMILIKI IMAN DAN  HARAPAN YANG KOKOH

Markus 5 : 21 – 43

 

PENGANTAR
Terkadang dalam kehidupan ini kita diperhadapkan kepada situasi dan kondisi yang sangat sulit, seolah-olah berada di jalan buntu, dan tidak ada harapan lagi. Seperti pada bacaan hari ini, mengisahkan jalan buntu yang mereka alami. Ya…jalan buntu. Apakah masih ada harapan bagi perempuan yang sakit pendarahan selama 12 tahun untuk sembuh ? Ia sudah tidak punya apa-apa lagi dan semua tabib telah angkat tangan untuk mengobati. Dan apakah masih ada harapan bagi Yairus yang anaknya sakit parah bahkan sudah dikabarkan bahwa anaknya mati ? Renungan hari ini akan menolong kita memahaminya.

PEMAHAMAN

  1. Apakah persoalan yang dialami Yairus dan perempuan yang sakit pendarahan adalah persoalan yang serius ?
  2. Bagaimana upaya mereka untuk mendapatkan pertolongan Tuhan Yesus ?
  3. Mengapa Tuhan Yesus menolong mereka ?

Melihat kenyataan yang dialami oleh perempuan yang sakit pendarahan 12 tahun dan yang dialami Yairus dengan berita, bahwa anaknya telah mati, maka bagi mereka tidak ada harapan lagi untuk sembuh. Namun di dalam nama Tuhan Yesus ….ternyata mereka masih memiliki pengharapan untuk sembuh. Bagi manusia memang hal itu mustahil untuk sembuh, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Tuhan Yesus adalah Allah yang Maha kuasa sanggup melakukan perkara besar untuk menyembuhkan yang sakit bahkan membangkitkan yang mati. Namun manusia harus beriman dan berharap dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Yesus.

Sebagaimana perempuan yang menderita sakit pendarahan selama 12 tahun. Dengan iman dan pengharapannya berupaya menggapai jumbai jubah Yesus, sehingga ia menjadi sembuh. Demikian juga dengan Yairus, ia ingin menolong anaknya yang sakit bahkan sudah dikabarkan mati, namun bukan dengan kekuatannya sendiri, tetapi dengan iman dan pengharapan yang teguh kepada Yesus bahwa Yesus dapat menyembuhkan atau membangkitkan anaknya. Melihat iman dan pengharaan Yairus maka Tuhan Yesus membangkitkan anaknya dari kematian. Sungguh ini merupakan peristiwa yang menakjubkan.

Dari peristiwa tersebut kita dapat belajar bahwa segala sesuatu yang mustahil bagi kita namun tidak ada yang mustahil bagi Allah, sebab Allah memiliki kuasa yang tak terbatas. Maka bagi orang percaya tidak ada yang namanya jalan buntu, tidak ada yang namanya putus harapan. Karena dengan percaya kepada Tuhan Yesus, selalu ada jalan dan selalu ada harapan.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Apakah anda pernah mengalami persoalan yang rumit, seolah-olah  menemui jalan buntu ? Apakah anda merasakan pertolongan Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya untuk memiliki iman dan pengharapan seperti Yairus dan perempuan yang sakit pendarahan tersebut, agar saya terus memiliki pengharapan.

TINDAKANKU
Untuk memiliki iman dan pengharapan yang kokoh saya harus menjalin relasi yang kuat dengan Tuhan Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«