suplemenGKI.com

Lukas 4:14-21

BERITA KESELAMATAN BAGI SEMUA ORANG

Pengantar
Sepanjang pelayanan-Nya diberbagai tempat, Yesus diterima dan disambut baik oleh banyak orang. Tidak sedikit yang mengharapkan kehadiran-NYA. Namun sebuah ironi ketika ditempat kelahiran-NYA Yesus justru ditolak. Penolakan itu terjadi justru ketika Yesus melayani di kampung halaman-NYA di kota Nazaret.

Pemahaman
Ayat 16-17           Dimanakah Yesus sedang melayani?
Ayat 18-21           Kitab apa yang YESUS bacakan bagi semua orang? Dan apa yang Yesus sampaikan setelah pembacaan kitab itu?

Yesus sedang berada di Nazaret, kota kelahiran-Nya. DIA masuk kerumah ibadat dan melayani disana (ayat 16-17). Kemudian Yesus membaca kitab Yesaya tentang nubuat hadirnya seorang Mesias dan diakhir pembacaan kitab itu, Yesus menyatakan bahwa segala hal yang Yesaya sampaikan telah digenapi. Penyampaian Yesus tidak dipahami oleh orang-orang yang berada dirumah ibadah. Mereka justru sibuk memperhatikan Yesus yang mereka kenal anak dari Yusuf. Mereka tidak memperhatikan apa yang Yesus sampaikan.

Kehadiran Yesus di kota kelahiran-NYA tentu bukan tanpa alasan. Yesus sedang tidak berwisata, namun hendak menyampaikan kabar keselamatan kepada semua orang di kota kelahiran-NYA. Namun berita yang dibawa Yesus justru menimbulkan kemarahan dari orang-orang di kota itu.  Yesus di tolak dan diusir. Hal itu terjadi bukan semata-mata karena Yesus berasal dari kota Nazaret, tetapi karena orang Nazareth berpikir eksklusif. Orang Nazaret berharap merekalah yang menerima anugerah keselamatan itu. Mereka berharap berita itu hanya berlaku untuk mereka.

Keselamatan yang Allah rancang bukan hanya bagi sekelompok orang saja. Keselamatan dari Allah berlaku bagi semua orang. Yesus adalah juruselamat bagi banyak orang bukan hanya bagi satu golongan saja.

Menyampaikan berita keselamatan bukan hal yang mudah. Apalagi jika berjumpa dengan orang-orang yang berpikir eksklusif. Namun menyampaikan berita keselamatan harus tetap dilakukan. Ada banyak strategi yang bisa dilakukan.

Refleksi
Kabar keselamatan harus terus dikumandangkan. Gereja hadir di dunia untuk menyampaikan kabar keselamatan itu bagi semua orang. Gereja tidak boleh diam. Dalam seluruh karya persekutuan, pelayanan, kesaksian gereja Tuhan harus tersirat berita keselamatan.

Tekadku
Ya Allah, berikan kami keberanian untuk terus memberitahukan kabar keselamatan kepada semua orang dalam situasi dan kondisi apapun. Berikan kepada kami hikmat untuk dapat menyampaikan kabar baik dengan cara yang bersahabat

Tindakanku

-   Membangun sikap hidup yang baik dan benar. Agar hidup saya menjadi kesaksian bagi banyak orang

-   Mengikuti program pekabaran injil (PPIP) di GKI Residen Sudirman

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«