suplemenGKI.com

Kurang Dipercayai

Bacaan:  Lukas 4:14-30

 

Pengantar
Jikalau kita mencari suatu perkerjaan, pasti kita akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik antara lain, ketrampilan, pengetahuan, bahkan pengalaman pekerjaan kita sebelumnya akan menjadi modal yang baik bagi kita untuk memasuki dunia kerja yang kita inginkan. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak perusahan yang menerima seseorang karena mendapat rekomendasi dari orang lain. Mengapa hal ini terjadi? Alasan yang paling klasik adalah bahwa orang yang merekomendasikan percaya bahwa orang yang akan masuk kerja itu orangnya baik, jujur dan giat bekerja. Ternyata kalau menjadi orang yang dipercayai oleh orang lain adalah hal yang berharga dan menyenangkan, demikian sebaliknya.  

Pemahaman
Ayat 14-16 Apa yang dilakukan oleh Yesus pada waktu hari Sabat?

Ayat 17-20 Apa isi kitab yang dibacakan oleh Yesus?

Ayat 21-23 Apa yang dirasakan oleh pendengar tentang ajaran Yesus?

Ayat 24-30 Apa reaksi dari orang-orang Yahudi atas jawabab Yesus?

Pada hari Sabat Yesus mengajar di rumah-rumah ibadat, sebelum mengajar biasanya didahului dengan membaca bacaan yang sudah ditentukan. Dalam pengajaranNya semakin lama semakin banyak orang yang senang dan bahkan membuat banyak orang takjub akan pengajaranNya.

Pada waktu Yesus membaca Yesaya 61:1-2 dan menjelaskan bahwa nas ini digenapi hari itu juga, maka banyak orang merasa sangat indah sekali apa yang di ajarkan Yesus dan mereka menjadi heran, namun reaksi mereka berhenti ketika semua berpikir bahwa Yesus anak Yusuf tukang kayu.

Yesus menyatakan bahwa seorang nabi tidak dihargai di tempat asalnya, hal ini menyatakan bahwa Yesus tidak dipercayai di daerah Nazaret, tempat Yesus dibesarkan. Lalu Yesus memberikan contoh-contoh ketidak percayaan orang Israel kepada nabinya sendiri, namun justru bangsa lain yang lebih percaya kepada nabinya orang Israel.

Orang banyak tersebut bereaksi sangat marah kepada Tuhan Yesus, mereka menjadi sangat terhina dan mereka juga menganggap bahwa Yesus anak Yusuf, tidak layak untuk membandingkan dirinya dengan nabi-nabi mereka, maka mereka berusaha untuk membunuh Tuhan Yesus. 

Refleksi
Renungkan bagaimana kalau kita tidak dipercayai oleh orang lain? Renungkan juga sejauh mana kita mempercayai Yesus dalam hidup ini? 

Tekadku
Aku akan berusaha menjadi orang yang dapat dipercayai oleh orang lain. Aku akan semakin percaya kepada Tuhan Yesus dalam segala situasi.

Tindakanku
Mencoba untuk mempercayai orang lain atau memberikan kepercayaan kepada orang lain. Mempercayai Tuhan Yesus semakin hari semakin nyata, dan tidak bimbang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«