suplemenGKI.com

Minggu, 26 Juli 2020

25/07/2020

Mazmur 119 : 129 – 136

FIRMAN ALLAH MEMBAWA KEBAIKAN

 

Pengantar
Kecintaan terhadap Firman Allah akan membawa kita lebih mengenal siapa Tuhan Allah dan apa yang diinginkan-Nya dalam kehidupan kita. Karena melalui Firman Tuhan kita merasakan kehadiran Tuhan Allah yang menuntun hidup kita kepada kebenaran-Nya. Oleh karena itu setiap kita membaca Firman Tuhan maka kita akan memperoleh kesegaran jiwa.

Melalui Firman Tuhan, ada banyak orang yang memperoleh kekuatan dan semangat baru dalam hidupnya. Sehingga ia dapat menjalani hidupnya dari kekuatan Firman Tuhan. Renungan hari ini akan menuntun kita dalam kecintaan dan dampaknya dari kecintaan terhadap Firman Tuhan.

Pemahaan

  1. Mengapa pemazmur berpegang kepada Firman Tuhan ? ( 129-131 )
  2. Mengapa pemazmur memohon penyertaan Tuhan  ? ( 132-133 )
  3. Mengapa pemazmur memohon agar Tuhan menyinari pemazmur dengan wajah Tuhan ?  ( 134-136 )

Firman Tuhan adalah sumber nasehat dalam membangun kehidupan umat Tuhan. Bagi pemazmur Firman Tuhan itu ajaib artinya Firman Tuhan itu mampu menyentuh pusat kehidupan manusia yaitu jiwa manusia (Ayt 129). Terlebih lagi Firman Tuhan itu dapat memberi terang bagi manusia (130). Sehingga bagi pemazmur Firman Tuhan itu dapat menyegarkan jiwa ketika pemazmur mengalami persoalan kehidupan. Firman Allah harus menjadi pegangan utama dalam kehidupan orang percaya.

Pemazmur menyadari bahwa Firman Tuhan akan menuntun umat-Nya hidup dalam kebenaran. Dan hal itu bukan semata-mata kekuatan diri sendiri tetapi kekuatan dari Tuhan yang menyertai pemazmur. Kata-kata berpalinglah…., kasihanilah (132)….., teguhkanlah (133) ….merupakan permohonan pemazmur agar Tuhan menyertainya sehingga pemazmur mampu mengalahkan segala kejahatan yang berupaya menggoyang pemazmur. Setiap orang percaya membutuhkan Firman Allah sebagai dasar dan petunjuk jalan yang benar.

Pemazmur menyadari bahwa kejahatan sedang berlangsung dan mempengaruhi dirinya dan umat Tuhan (134). Orang-orang yang tidak berpegang kepada Firman Tuhan melakukan kejahatan dan membahayakan orang-orang yang setia kepada Tuhan, sehingga orang-orang yang setia kepada Tuhan menjadi lemah dan terimbas oleh kejahatan mereka. Karena itu pemazmur memohon berkat Tuhan, “sinarilah hambamu dengan wajah-Mu” (135), supaya pemazmur (ia) tidak goyah dari kebenaran Tuhan.

Refleksi
Marilah kita mengambil saat hening sejenak, untuk merenungkan : – apakah anda membaca Firman Tuhan ( Alkitab ) setiap hari ? – Apakah Firman Tuhan yang anda baca menyentuh hidup anda ? 

Tekadku
Ya Tuhan, saya berterima kasih untuk sentuhan Firman Tuhan yang menguatkan, membimbing, memberkati dan menegur hidup saya, sehingga saya dapat merasakan kehadiran-Mu yang menyertai saya. 

Tindakanku
Saya harus membaca Alkitab setiap hari minimal 1 pasal.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«