suplemenGKI.com

Matius 17:9-13

SEMAKIN MENGENAL YESUS

PENGANTAR

Selain berkaitan dengan penderitaan yang akan dialami Yesus dan para murid-Nya, peristiwa Yesus dimuliakan di atas gunung juga berhubungan erat dengan perdebatan mengenai siapa Yesus. Para murid memang telah tahu bahwa Yesus adalah Mesias (Mat. 16:13-20).Namun, tidak demikian dengan orang-orang lain di sekitar mereka. Meski telah melihat mukjizat itu di depan mata, para pemimpin agama pada waktu itu masih saja mempertanyakan jati diri-Nya (lihat misalnya, Mat. 12:38, 21:23). Sedangkan orang banyak yang menikmati mukjizat-mukjizat itu justru ingin menjadikan Yesus sebagai raja mereka. Mereka salah membaca tanda-tanda yang dibuat Yesus sehingga mereka juga tidak pernah paham bahwa Yesus adalah Mesias.

PEMAHAMAN

  • Ay. 9. Terkait dengan beragamnya sikap orang banyak terhadap Yesus, mengapa Yesus melarang para murid-Nya,dan merahasiakan penglihatan ini?
  • Ay. 10-13. Mengapa ahli-ahli Taurat tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias? Mengapa mereka salah menilai Yohanes Pembaptis dan apa akibatnya? (perhatikan secara khusus ayat 12).
  • Jika Anda adalah salah seorang dari tiga murid itu, pelajaran penting apakah yang Anda terima dari Yesus pada hari itu?

Dalam berbagai kesempatan Yesus melarang orang-orang mempublikasikan kejadian-kejadian luar biasa dan tanda-tanda ajaib yang dilakukan-Nya. Bukankah jika peristiwa-peristiwa semacam ini dipublikasikan, popularitas-Nya akan semakin meningkat?Memang benar. Namun, meningkatnya popularitas Yesus tidak selalu berarti bahwa akan semakin banyak orang yang mengenal siapa Dia sesungguhnya. Yesus tidak sedang mengejar popularitas. Hal yang Yesus kehendaki adalah peningkatan kualitas pengenalan para murid-Nya akan Dia.

Ahli-ahli Taurat bersikukuh dengan pendapat mereka bahwa kedatangan Mesias harus didahului dengan kedatangan Elia. Namun, ironisnya, mereka justru tidak mengenal Elia yang telah datang dalam diri Yohanes Pembaptis. Mereka memperlakukan Yohanes Pembaptis ”menurut kehendak mereka.” Mereka tidak paham bahwa Yohanes Pembaptislah yang sesungguhnya telah diutus untuk mengerjakan peran dan tanggung jawab Elia. Akibatnya, mereka juga tidak bisa percaya bahwa Yesus adalah Mesias.

Bagaimana dengan murid-murid Yesus? Setahap demi setahap, para murid mulai memahami apa yang sedang terjadi di sekitar mereka (ay. 13). Mereka mulai memahami apa yang dikatakan Yesus, juga tanda-tanda yang dilakukan-Nya. Setahap demi setahap, pengenalan mereka akan Yesus pun semakin mendalam.

REFLEKSI

Apakah semua kebaikan-Nya dan mukjizat-mukjizat yang diperlihatkan-Nya kepada kita sudah mencapai tujuan yang diharapkan Yesus untuk kita, yaitu semakin mengenal Dia?

TEKADKU

Ya, Tuhan, ampunilah aku yang selama ini merasa sudah cukup mengenal Engkau. Tumbuhkanlah semangatku untuk semakin mengenal-Mu.

TINDAKANKU

Selama tujuh hari berturut-turut, setiap hari aku akan membaca empat pasal dari Injil Matius, agar aku semakin mengenal Yesus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«