suplemenGKI.com

Lukas 24:13-35

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

 

Pengantar
Kisah perjumpaan dua murid Yesus dengan Yesus dalam perjalanan ke Emaus menjadi sebuah kisah yang selalu dipenuhi dengan berbagai pertanyaan. Salah satunya adalah mengapa kedua murid Yesus tidak mengenali Yesus ? Meski telah dijelaskan bahwa ada sesuatu yang menghalangi, namun tetap saja hal itu menjadi sebuah pertanyaan yang menarik. Pesan penting apakah yang hendak disampaikan Lukas melalui teks bacaan ? 

Pemahaman

Ayat 13-16       Kemanakah tujuan kedua orang murid Yesus ? Siapakah yang mereka jumpai dalam perjalanan ? Mengapa mereka tidak mengenal Yesus ?

Ayat 17-24       Hal apakah yang sedang diperbincangkan oleh kedua murid Yesus ? Mengapa ada nada kekecewaan dalam penyampaian kedua murid Yesus ?

Ayat 25-27       Mengapa Yesus menegur dengan keras kedua orang murid-Nya itu ?

Ayat 28-35       Apa yang terjadi ketika Yesus duduk makan bersama murid-murid-NYA ? dan bagaimana tanggapan atau reaksi mereka ?

Kedua orang murid Yesus sedang melakukan perjalanan menuju ke Emaus. Dalam perjalanan, mereka  berjumpa dengan Yesus namun mereka tidak mengenali-NYA. Ada sesuatu yang menghalangi mata mereka (ayat 16). Sepanjang perjalanan bersama Yesus, mereka bercakap-cakap tentang apa yang telah terjadi. Salah seorang murid-NYA menceritakan peristiwa penyaliban Yesus. Nada kekecewaan muncul oleh karena para murid masih berpegang pada konsep mesias menurut pemahaman orang Yahudi (ayat 21). Mereka tidak mengira bahwa Mesias yang mereka sanjung dan imani disalibkan dan mati. Namun mereka terkejut oleh karena mendapati laporan tentang kebangkitan Yesus dari para perempuan yang datang ke makam Yesus (ayat 22). Sebagian murid juga menyaksikan sendiri bahwa kubur itu telah kosong (ayat 23). Kemudian Yesus menegur dengan keras kedua orang murid-NYA itu. Teguran itu muncul karena meski telah bersama-sama dengan Yesus mereka tetap belum memahami dan bahkan tidak percaya kepada pada apa yang Yesus telah sampaikan sebelum penderitaan dan kematian-NYA.

Pada saat Yesus tiba bersama murid-murid-NYA, mereka makan bersama. Saat Yesus memecahkan roti, terbukalah mata murid-murid, dan mendapati kenyataan bahwa Yesus telah bangkit. Namun Yesus sudah tidak lagi bersama-sama mereka.

Salah satu pesan penting dari kisah ini adalah bahwa seringkali umat merasa telah mengetahui dan mengenal Kristus. Padahal sesungguhnya mereka belum mengenal Kristus. Bayangkan saja, bahwa para murid yang telah bersama-sama dengan Yesus sejak lama masih belum mengenal dan memahami Yesus. Terkadang karena umat telah berulang kali membaca Alkitab atau mungkin sudah puluhan tahun mengikut Yesus merasa telah mengetahui dan mengenal Yesus sepenuhnya. Padahal umat perlu menyadari bahwa pengenalan umat akan Yesus Kristus masih sangat minim. Mereka yang tahu dan mengenal Yesus, dengan sendirinya juga akan mengetahui kehendak-NYA dan melakukannya dalam kehidupan sehari hari.

Refleksi
Mencari dan terus mencari agar semakin mengenal Kristus. Belajar dan terus belajar untuk semakin mengetahui dan memahami jalan-jalan-NYA.

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku untuk terus belajar mengenal-MU, agar pikiran dan hidup kami tidak sesat. Mampukan kami memiliki hubungan yang semakin intim dengan-MU. Biarlah kami semakin mengenal-MU dan mengetahui kehendak-MU.

Tindakanku
Belajar dan menggali firman Tuhan. Tekun mengikuti kelas Pemahaman Alkitab. Rajin dan tekun membaca buku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«