suplemenGKI.com

LUKAS 16:27-31

PERGUNAKAN WAKTU YANG TUHAN BERIKAN

Pengantar
Dalam bahasa Yunani, ada dua istilah untuk “waktu”. Pertama, kronos yang berkaitan dengan jam, hari, bulan, tahun dan seterusnya. Kedua, kairos mengandung pengertian kesempatan atau momentum. Allah telah menganugerahkan kepada setiap manusia kronos dan sekaligus juga kairos. Sekarang menjadi keputusan setiap orang apakah akan memanfaatkan kronos dan kairos yang Allah anugerahkan atau menyia-nyiakannya?

Pemahaman

Ayat 27-28    Permohonan apakah yang diminta orang kaya itu kepada Abraham?

Ayat 29-31     Bagaimanakah tanggapan Abraham atas permintaan orang kaya itu?

Melihat Lazarus yang miskin berada dalam pangkuan Abraham, orang kaya itu meminta Abraham mengutus Lazarus untuk memperingatkan anggota keluarganya yang lain agar tidak mengalami hal yang sama dengan dirinya (ayat 27-28). Permintaan orang kaya ini tentu memperlihatkan adanya penyesalan dalam dirinya terkait sikapnya di masa hidup.

Abraham menolak keinginan orang kaya itu (ayat 28-29). Abraham tampaknya mengetahui bahwa kelima saudara orang kaya itu memiliki watak yang sama sehingga pastinya juga akan mengabaikan teguran dan peringatan dari Allah (ayat 30-31)

Sejatinya Allah telah menganugerahkan waktu dan kesempatan kepada setiap orang untuk bertobat dan berubah. Pertobatan dan perubahan harus diperlihatkan di dalam sikap hidup sehari-hari. Itu berarti harus terjadi peningkatan kualitas hidup, dari yang belum baik menjadi baik. Jika yang terjadi justru sebaliknya maka umat telah gagal dalam memanfaatkan waktu dan kesempatan yang Allah sudah berikan.

Refleksi
Sudahkah waktu dan kesempatan yang Allah berikan kami manfaatkan sebaik-baiknya? Atau kami masih hidup dalam dosa?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami memaknai hidup yang Engkau anugerahkan dengan melakukan kebaikan-kebaikan
Tindakanku
Belajar memiliki kepedulian dan kemurahan hati

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*