suplemenGKI.com

Yohanes 18:33-37

 

Mengenal YESUS = Mengenakan Etika Kerajaan ALLAH = Tunduk Pada KehendakNya

                Ungkapan “tak kenal maka tak sayang” mungkin sudah sangat tidak asing di telinga kita. Ungkapan ini ingin menunjukkan betapa pentingnya dampak sebuah pengenalan. Berarti, di sisi lain ungkapan ini juga membawa kita untuk memahami bahwa ada dampak besar sebagai akibat “tidak mengenal”, seperti apa yang terjadi dalam bacaan kita hari ini. Mari kita cermati bersama:

 

Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa yang terkandung dari pertanyaan Pilatus? (ayat 33)
  2. Apa pula maksud yang terkandung dalam jawaban YESUS? (ayat 34)
  3. Apa implikasi pernyataan YESUS yang mengatakan bahwa “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini”? (ayat 36)
  4. Apa yang selayaknya menjadi sikap hidup kita, saat kita mengkalim diri sebagai seorang yang mengenal YESUS? (ayat 37)

 

Renungan

Saat bertatapan muka dengan YESUS dalam peristiwa ini, YESUS sama sekali tidak nampak mengenakan pakaian layaknya seorang Raja, dan ini membuat Pilatus bingung. Tapi di sisi lain Pilatus telah mendengar bahwa orang sederhana yang sedang berada dihadapannya (yang sangat dibenci oleh pemimpin-pemimpin Yahudi) itu adalah orang yang telah begitu menarik banyak orang. Mereka bahkan bukan sekedar tertarik tetapi juga mengelu-elukannya sebagai Raja. Lalu Pilatus melontarkan pertanyaan,” “Engkau inikah raja orang Yahudi?” Apa sesungguhnya yang mendorong Pilatus menanyakan hal ini? Seorang Uskup bernama Ryle mengatakan bahwa “pertanyaan itu mengandung rasa ingin tahu Pilatus, namun sekaligus juga rasa memandang rendah terhadap YESUS”.

                Melalui jawabanNya, YESUS sedang menekan Pilatus akan tanggungjawab pribadinya terhadap sesuatu keyakinan akan diriNya. Sikap ini penting karena kemudian akan menentukan keputusan yang akan diambilnya, apakah dia berpihak kepada kebenaran atau tidak. Ini sekaligus menjadi pelajaran bagi kita.  Pengenalan yang benar terhadap KRISTUS juga akan memampukan kita untuk tetap berani berpihak serta berpijak pada kebenaran.

                 Ketika berhadapan dengan Pilatus, YESUS tahu bahwa DIA sedang berhadapan dengan ketidakadilan,itu sebabnya Dia berkata “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini” Melalui pernyataan ini YESUS mengingatkan Pilatus bahwa KerajaanNya akan jauh berbeda dengan kerajaan-kerajaan di mana kekerasan dan ketidakadilan merajalela. YESUS juga menegaskan bahwa di dalam KerajaanNya hanya kebenaran yang ada. Dengan memperkenalkan Kerajaan ALLAH ini, YESUS sekaligus memperkenalkan siapa diriNya. Sehingga seorang yang berani mengklaim diri telah mengenal YESUS, maka ia akan memakai etika Kerajaan ALLAH dalam berperilaku.

                Menyimak dialog YESUS dengan Pilatus ini, layaklah saat ini kita untuk mengintrospeksi diri tentang pengenalan kita kepada YESUS. Sebab pengenalan yang benar terhadap YESUS akan membuat kita hidup dengan etika atau cara-cara Kerajaan ALLAH, yang mengedepankan kebenaran. Dan jika kita hidup dengan etika KerajaanNya maka kita sedang belajar tunduk kepada kehendakNya dalam setiap langkah kehidupan kita.

 Seorang yang mengklaim diri mengenal YESUS , ia pasti akan mengenakan  etika Kerajaan ALLAH dalam setiap perilakunya, sebagai bukti bahwa ia mau tunduk pada kehendakNya.

 

=====================================================================================

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*