suplemenGKI.com

AKULAH GEMBALA YANG BAIK

Yohanes 10:11-18

 

Pengantar
Kartu Tanda Penduduk adalah benda yang penting di dalam kehidupan kita. Pada Kartu Tanda Penduduk terdapat identitas kita berupa nama lengkap, alamat, atau nomor induk. Identitas itu sangat penting untuk dapat mengenali siapa kita dan membantu kita dalam mengurus beberapa keperluan dalam kehidupan setiap hari. Dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk, kita juga tercatat sebagai penduduk Republik Indonesia secara sah. Identitas begitu penting di dalam kehidupan kita agar lebih mudah mengenali diri kita atau juga orang lain yang ada di sekitar kita. Bacaan Injil pada hari ini akan menekankan tentang identitas Yesus sebagai seorang Gembala dalam kehidupan kita.

Pemahaman

  • Ayat 11-13           : Apa ciri-ciri gembala yang baik?
  • Ayat 14-18           : Bagaimana Yesus menjalankan perannya sebagai Gembala yang baik?

Injil Yohanes memperkenalkan identitas Yesus sebagai Gembala yang baik. Secara jelas dalam beberapa ayat pada bagian bacaan ini juga dinyatakan ciri-ciri gembala yang baik itu. Ciri-ciri atau kriteria gembala yang baik itu adalah bahwa gembala memiliki kesediaan untuk memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. Gembala yang baik itu juga mengenal dombanya dan dombanya mengenal gembalanya. Gembala yang baik juga akan menuntun dombanya dan dombanya mendengarkan suaranya. Perilaku gembala yang baik ini sangat bertolak belakang dengan perilaku gembala yang tidak baik. Gembala yang tidak baik ini adalah orang upahan yang menggembalakan domba-domba demi upah, bukan karena cinta dan keterpanggilan. Gembala upahan ini akan lari begitu melihat ada bahaya yang mengancam. Mereka tidak peduli pada nasib domba-domba yang dipercayakan kepada mereka. Mereka membiarkan saja ketika serigala menerkam, mencabik-cabik, dan mencerai-beraikan para domba.

Tindakan seperti itu tidak dilakukan oleh gembala yang baik. Tuhan Yesus, dengan identitas sebagai Gembala yang baik, akan memelihara domba-domba yang dipercayakan kepada-Nya. Domba-domba itu tidak akan pernah lepas dari tangan-Nya. Bahkan, Ia akan memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Hal ini diwujudkan dengan kerelaan hati sebagai bentuk ketaatan penuh kepada kehendak Bapa.

Yesus juga mengungkapkan adanya kawanan domba lain yang harus dituntun-Nya. Kawanan domba lain yang dimaksud adalah orang-orang percaya di luar Israel. Jadi, Tuhan Yesus bukanlah seorang gembala yang baik untuk kaum-Nya saja, tetapi juga menjadi gembala yang baik bagi semua umat di seluruh dunia. Dengan menjelaskan adanya kawanan domba lain inilah yang menjadi kunci bahwa kehadiran Yesus Kristus adalah untuk semua orang.

Refleksi

Dalam penuh keteduhan, marilah kita merenungkannya:

  • Kita adalah domba-domba kesayangan-Nya yang tidak akan dibiarkan oleh-Nya mengalami kesulitan. Ia akan melepaskan kita dari cengkeraman “serigala”, atau masalah kehidupan kita dan membuat kita selamat dalam tangan-Nya.
  • Kita hidup di dalam Yesus Kristus, Sang Gembala Kehidupan kita, yang hadir juga untuk kawanan domba lain, yang membutuhkan sentuhan kasih-Nya.
  • Maukah kita berjanji untuk selalu menjadi domba yang baik bagi Sang Gembala yang baik?

Yesus Kristus adalah Gembala yang baik bagi kehidupan kita. Kita bersyukur dan berkomitmen untuk terus hidup di dalam-Nya, sehingga setiap orang juga semakin mengenal Sang Gembala yang baik itu melalui perkataan dan tingkah laku kita dalam kehidupan setiap hari.

Tekadku
Tuhan, kami ingin selalu menikmati hidup kami yang dituntun oleh tangan kasih-Mu setiap hari. Pakailah kami juga untuk menjadi saksi bagi kebaikan-Mu, Sang Gembala Kehidupan kami, di dalam kehidupan kami setiap hari.

Tindakanku
Saya akan memakai hari ini untuk sungguh-sungguh beribadah sebagai bukti nyata bahwa saya adalah domba yang rindu akan tuntunan dan penyertaan-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«