suplemenGKI.com

Minggu, 24 Mei 2015

23/05/2015

Yohanes 15:26-27 ; 16:4b-15

ROH KUDUS YANG MENGHIBUR DAN MENGUATKAN

 

Pengantar
Perjalanan kehidupan beriman orang Kristen tentu tidak lepas dari kehadiran Allah lewat Roh Kudus. Namun, tidak jarang kita menyepelekan dan bahkan mengabaikan peran Roh Kudus dalam kehidupan kita sebagai orang percaya. Bahkan tidak jarang juga kita meragukan kehadiran Roh Kudus dalam aspek hidup kita. Melalui renungan ini kita diajak melihat bagaimana peran Roh Kudus dalam kehidupan kita sebagai pengikut Kristus.

Pemahaman

  1. Ay. 26-27     : Apa arti Roh Kudus sebagai Penghibur?
  2. Ay. 4b-11     : Bagaimana peran Roh Kudus dalam kehidupan murid Kristus?
  3. Ay. 12-15     : Apa arti Roh Kudus sebagai Roh Kebenaran?

Bagian bacaan kita memperlihatkan bagaimana Yesus mempersiapkan para murid menghadapi peristiwa besar dalam perjalanan hidup beriman mereka. Sesaat lagi mereka akan menyaksikan kematian, kebangkitan dan terangkatnya Yesus ke surga. Berbagai peristiwa ini tentu bisa membuat mereka semakin percaya atau malah sebaliknya. Oleh karena itulah, Yesus menyampaikan kepada mereka bahwa akan ada saatnya Yesus tidak lagi bersama mereka dan Ia akan mengutus Roh Kudus menjadi penuntun dan penghibur mereka. Roh Kuduslah yang akan menguatkan iman mereka kepada Yesus.

Yesus menjelaskan bahwa Roh Kudus yang hadir akan memberikan tuntunan sehingga mereka tetap berjalan dalam kebenaran dan berani untuk bersaksi tentang karya Kristus. Namun, kehadiran Roh Kudus akan sangat nyata terasa ketika mereka sendiri membuka diri dan tetap mendekatkan diri kepada Yesus. Meski Yesus tidak lagi hadir secara fisik bersama mereka, namun pengajaran dan cara hidupNya haruslah tetap hidup bersama para murid sehingga peran Roh Kudus akan sungguh dirasakan dalam hidup mereka. Dalam kehidupan kita sekarang pun kedekatan kita pada Kristus menjadi kunci bagaimana peran Roh Kudus yang menghibur dan menguatkan sungguh kita rasakan.

Refleksi
Mari kita renungkan apakah hidup kita sungguh dekat dengan Tuhan? Apakah kita sungguh membiarkan Roh Kudus menuntun dan menguatkan iman percaya kita?

Tekad
Tuhan, mampukan kami untuk membuka diri kami agar Kristus sungguh hadir dalam kehidupan kami dan Roh Kuduslah yang akan menuntun kami menjalani kehidupan ini dan bukan keinginan kami semata yang menjadi pandu dalam hidup kami.

Tindakan
Saya akan menyediakan waktu khusus untuk mendalami Firman Tuhan sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mampu hidup bersaksi sesuai kehendak Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»