suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 6 : 36 -38

Tema : Menjadi orang yang murah hati

PENGANTAR
Kemurahan hati merupakan salah satu hal penting yang disampaikan Tuhan Yesus  dalam kotbah-Nya diatas bukit. Tuhan Yesus berkata, “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan”. ( Matius 5 : 7 ). Orang yang murah hatilah yang akan mendapat kemurahan Allah. Mengapa ? renungan kita hari ini akan menjawabnya.

PEMAHAMAN

  1. Apa itu murah hati ? ( ayat 36 )
  2. Mengapa Tuhan Yesus memerintahkan untuk bermurah hati ? ( 36 )
  3. Apa berkat Tuhan bagi orang yang murah hati ? ( Mat 5 : 7 )

Kata murah hati berarti sebuah sikap penuh kasih sayang yang diwujudkan dengan suka berbuat baik dan memberikan yang baik kepada orang lain. Namun lebih dalam lagi  kata murah hati berarti sebuah kemampuan untuk menempatkan diri benar-benar dia dalam pribadi orang lain, sehingga kita dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya, memikirkan sesuatu dengan pikirannya dan merasakan sesuatu dengan perasaannya ( empati ). Nah,… dari situlah akan lahir tindakan untuk mengasihi orang lain ( kemurahan hati ).

Dalam ayat 36,  Tuhan Yesus berpesan, “Hendaklah kamu murah hati,  sama seperti Bapamu adalah murah hati”. Kata “hendaklah” bukanlah sebuah permintaan, harapan atau sebuah pilihan untuk ya atau tidak, tetapi sebuah perintah buat kita. Tuhan Yesus memerintahkan kita dengan jelas supaya kita memiliki sifat murah hati. Mungkin kita ingat akan pepatah, “buah jatuh, tidak jauh dari pohonnya”. Apa maksudnya ? Maksudnya adalah bahwa sifat atau kebiasaan seorang anak tidak jauh beda dari kebiasaan dari orang tuanya. Demikian juga dengan kita. Sebagai anak-anak Tuhan, sifat dan gaya hidup kita seharusnya tidak berbeda dari Bapa kita di Sorga. Jika Bapa di Sorga murah hati, maka kitapun seharusnya memiliki sifat murah hati.

Lalu apa berkat Tuhan bagi orang yang murah hati ? Matius 5 : 7 mengatakan, “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan”. Orang-orang yang murah hati akan diberi kebahagiaan atau disebut berbahagia. Apa itu kebahagiaan ? Kebahagiaan adalah sebuah suasana atau bentuk kepuasan yang dialami seseorang, baik itu berupa sukacita/kegembiraan/kepuasan. Dan yang lebih luar biasa adalah orang yang murah hatinya akan beroleh kemurahan. Maksud ayat ini adalah bahwa Allah akan memberi kemurahan-Nya kepada orang yang murah hati. Jadi Tuhan yang akan bermurah hati kepada kita. Untuk itu  jadilah orang yang bermurah hati. Bagaimana dengan anda ?

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Sudahkah anda menjadi orang yang bermurah hati ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah saya karena untuk bermurah hati saya sering masih hitung-hitungan.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan belajar bermurah hati kepada sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«