suplemenGKI.com

JANJI PENGHARAPAN ABADI

Wahyu 21:1-6

 

Pengantar
Banyak orang mengatakan janji harus ditepati. Tapi adakalanya janji tidak harus ditepati karena situasi dan kondisi yang tidak mendukung.Misalnya: seorang ayah yang sebelum berangkat kerja berjanji akan membelikan mainan kesayangan anaknya. Namun karena cuaca hujan, maka si ayah tidak bisa pergi ke toko mainan untuk membeli apa yang diharapkan oleh anaknya. Janji yang dibuat oleh manusia bisa saja tidak ditepati karena berbagai faktor, entah karena faktor sengaja maupun tidak disengaja. Sebaliknya,  janji Tuhan tidak pernah mengecewakan anak-anakNya. Kitab Wahyu ditulis oleh Yohanes sewaktu masa pembuangan di Pulau Patmos. Wahyu 21:1-6 berisikan janji pengharapan abadi yang Yesus berikan saat kedatanganNya kembali.

Pemahaman

  • Ayat 1-2         : Penglihatan apakah yang disaksikan oleh Yohanes?
  • Ayat 3-6         : Janji apakah yang didengar oleh Yohanes dalam penglihatannya kepada orang percaya ?

Yohanes mengalami penglihatan langit dan bumi yang baru ( v. 1 ) serta Kota Kudus dan Yerusalem yang baru  ( v.2 ). Yohanes merujuk pada Yesaya 65:17 dan 66:22 di mana Allah berkata Ia akan menciptakan langit dan bumi yang baru, dan hal-hal yang terkait dengan masa lalu tidak akan diingat lagi. Langit dan bumi yang baru ini bukanlah langit dan bumi baru yang kedua, melainkan tempat tinggal yang kudus dan sempurna. Sedangkan istilah kota kudus yang Yohanes gunakan merujuk pada Yerusalem baru di mana Allah tinggal bersama dengan umatNya ( v. 2 ). Dalam bagian ini pula Yohanes menuliskan janji yang Allah berikan sebagai pengayom dalam tempat kudus tersebut. Janji yang diberikan oleh Allah yaitu:

  1. Allah tinggal di tengah-tengah umatNya ( v. 3 ). Allah yang memimpin umat dalam kemah kudusNya.
  2. Allah menghapus air mata umatNya ( v. 4 ). Ketika Allah menghapus segala duka dan ratap tangis umatNya, maka Ia menggantinya dengan sukacita.
  3. Allah akan menjadikan segala sesuatunya baru ( v. 5 ), artinya janji Allah yang merujuk ke masa depan di mana akan terjadi pembaruan segala ciptaan sebagai bentuk penggenapan karya Kristus.
  4. Allah memberikan air kehidupan bagi siapa yang mengalami kehausan ( v. 6 ). Allah memberikan kesejukan dan kesegaran pada umatNya.

Refleksi
Segala yang ada di langit dan bumi tiada yang abadi. Tetapi Allah memberikan janji yang memberikan pengharapan bagi orang percaya di masa yang akan datang. Apakah yang harus kita lakukan dalam penantian akan janji pengharapan Allah?

Tekad
Tuhan, terimakasih untuk janji pengharapan yang Kau berikan dalam hidupku. Mampukan aku mempersiapkan diri menyambut pemenuhan janjiMu dengan selalu mendekat kepadaMu.

Tindakan
Aku mau menantikan janji pengharapan yang Allah berikan dengan menjaga seluruh hidupku di hadapan Allah dan melakukan tindakan yang berkenan kepadaNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«