suplemenGKI.com

Matius 16:13-20

 

Ibadah itu Mengenal Allah Lebih Dalam Lagi

 

Pengantar
“Apakah kamu tahu tentang apa kata orang tentang diriku?” Apa yang ada di benak Saudara ketika ada orang yang mengajukan pertanyaan seperti itu? Menurut Saudara, apakah orang tersebut termasuk kategori narsis? Ataukah orang yang tidak percaya diri sehingga membutuhkan konfirmasi dari orang lain? Atau Saudara punya pendapat tersendiri? Pada hari ini kita akan merenungkan seorang pribadi yang mengajukan pertanyaan tersebut.

Pemahaman

- ay. 14            : Mengapa ada orang-orang yang menganggap Kristus sebagai Yohanes
Pembaptis, atau Elia, atau Yeremia?

- ay. 15            : Mengapa pula Kristus menanyakan pendapat para murid?
Dan bagaimanakah jawab Saudara bila pertanyaan tersebut diajukan
Kristus kepada Saudara?

Kristus mengajukan pertanyaan “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” di sebuah kota yang disebut kota Kaisarea Filipi, sebuah kota yang terkait dengan berbagai macam dewa. Betapa tidak, kota yang sangat indah di kaki gunung Hermon ini di dalam Perjanjian Lama disebut Baal-Gad (Yos. 11:17). Itu berarti kota ini dihubungkan dengan dewa Baal. Di kemudian hari orang Yunani yang menaklukkan daerah ini mengganti dewa Baal itu dengan dewa mereka, yaitu dewa Pan, sehingga nama kota itu diganti Paneas. Terkait dengan hal tersebut, orang Yunani juga mendirikan kuil yang disebut Panion, kuil penyembahan dewa Pan. Sedangkan pada jaman kaisar Nero, Agripa II membangun kembali kota yang menjadi muasal sungai Yordan ini serta menamainya Neronias. Pada jaman Kristus sendiri, kota itu disebut Kaisarea Filipi karena Herodes Agung membangun sebuah kuil untuk kaisar Agustus di sana. Kemudian anak Herodes yang keempat, yaitu Filipus, diberi nama kaisar serta menambahkan namanya sendiri. Maka jadilah nama kota itu Kaisarea Filipi, sekaligus untuk membedakannya dari kota Kaisarea yang berada di tepi pantai Laut Tengah, 40 km sebelah selatan Gunung Karmel dan sekitar 100 km sebelah barat laut Yerusalem. Jadi menarik sekali kalau Kristus bertanya tentang siapa Dia di tempat yang sarat dengan sosok dewa dan penguasa ini.

Jawaban khalayak yang dirangkum para murid cukup beragam. Kristus dianggap sebagai reinkarnasi Yohanes Pembaptis, sebagaimana pendapat Herodes. Tapi sebagian menganggap-Nya nabi Elia, karena Elia pernah dinyatakan akan datang kembali (Mal. 4:5). Sedangkan sebagian lagi menganggap-Nya Yeremia dan para nabi. Namun yang terpenting bagi Kristus adalah bagaimana pengenalan para murid-Nya yang telah sekian lama bersama dengan Dia. Pengenalan pribadi itulah yang sedang dievaluasi Kristus.

 

Refleksi
Sudahkah kita mengenal Kristus secara pribadi? Atau kita mengenal-Nya berdasarkan kata orang, kata teman, saudara, orang tua, dsb?

 

Tekad
Doa: Ya Allah, tolonglah saya untuk senantiasa rindu mengenal-Mu lebih dalam dan lebih dalam lagi. Amin.

 

Tindakan
Untuk mengenal Kristus lebih dalam lagi, saya akan menghafal satu ayat Firman Tuhan setiap hari

 

=====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«