suplemenGKI.com

Markus 9:30-37

TULUS DAN RENDAH HATI

 

Pengantar
Banyak orang ingin menjadi yang terdepan, menjadi yang nomor satu, dihormati, dipandang dan disegani oleh siapapun. Segala cara dihalalkan untuk memperoleh semuanya itu. Bagi banyak orang status sosial menjadi sangat penting. Itulah sebabnya mereka berusaha mengejar dan meraihnya. Kondisi semacam ini ternyata tidak hanya terjadi di masa sekarang. Murid-murid Yesus ternyata memiliki pikiran dan keinginan yang sama. Mereka ingin dihormati, ingin mendapat tempat paling utama.

Pemahaman

Ayat 30-32           Pemberitahuan apa yang Yesus sampaikan kepada para murid?
Ayat 33-34           Apa yang terjadi di antara para murid sepanjang perjalanan?
Ayat 35-37           Pengajaran penting apa yang Yesus sampaikan kepada para murid?

Dalam perjalanan melewati Galilea Yesus menyampaikan pemberitahuan tentang penderitaan dan kematiannya untuk kedua kalinya. Namun meski Yesus telah menyampaikan untuk kedua kalinya, Para murid tetap belum dapat memahami maksud perkataan Yesus.

Dalam perjalanan itu para murid berdebat dan berselisih tentang siapakah di antara mereka yang paling penting dan yang pantas duduk di tempat kehormatan bersama Yesus/ perdebatan dan perselisihan ini ternyata diketahui oleh Yesus. Setibanya para murid dan Yesus di Kapernaum, mereka mempercakapkan hal yang menjadi perselisihan dan pertengkaran.

Yesus sepenuhnya sadar bahwa para murid ingin memperoleh tempat paling terhormat. Namun Yesus menyampaikan sebuah pengajaran penting bahwa untuk memperoleh tempat yang terhormat maka dia harus bersedia merendahkan hati dan memiliki ketulusan.

Yesus mengambil contoh seorang anak untuk menjadi contoh bagi para murid. Yesus melakukan itu sebagai simbol kerendahan hati dan ketulusan.

Refleksi
Adakah saya seorang pribadi yang selalu ingin dihormati dan ingin diutamakan?

Tekadku
Ya Allah mampukan kami untuk membangun sikap yang tulus dan rendah hati dengan sesama kami

Tindakanku
Tekun dalam doa. Belajar melayani bukan dilayani

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*