suplemenGKI.com

Yohanes 16:4-15

 

“ROH KUDUS PENUNTUNKU”

Pengantar:
Pernahkah kita berada pada suatu titik di mana kita merasa sudah tidak mampu lagi untuk sekadar mengucapkan satu kalimat pun ketika ingin berdoa pada Tuhan? Mungkin karena kita mengalami pergumulan, beban berat atau persoalan berat yang menindih hidup kita? Dan lebih parah lagi keadaan demikian bukan hanya terjadi sehari dua hari melainkan terjadi dalam waktu yang lama! Jika kita pernah mengalami hal demikian, hari ini firman Tuhan akan menunjukan  bahwa seberat apapun keadaan kita, masih ada Roh Kudus yang akan menjadi penuntun kita.

Pemahaman:

  1. Mengapa Yesus menyampaikan pernyataan-pernyataan seperti di ayat 4b-7?
  2. Apa yang hendak ditegaskan oleh Yesus melalui pernyataan-Nya mulai ayat 8-15?

Tidak lama lagi Yesus akan berpisah dengan murid-murid-Nya karena Dia akan pergi kepada Bapa (v. 5). Pernyataan tersebut dapat dihayati bahwa Yesus akan menyelesaikan tugas perutusan menyelamatkan manusia dari dosa. Untuk selanjutnya murid-murid akan meneruskan pemberitaan tentang keselamatan dalam Kristus kepada dunia. Dalam menjalani tugas pemberitaan murid-murid akan mengalami banyak tantangan (Lih. 2-4a). Itu sebabnya Ia mempersiapkan murid-murid sedemikian rupa agar mereka tidak menjadi kecewa dan menolak Dia.  Dalam rangka mempersiapkan murid-murid, Yesus memberi pengajaran bahwa Ia akan mengutus Roh Kebenaran yang akan menyertai dan akan memampukan mereka untuk bersaksi. Paling tidak ada tiga peranan Roh Kebenaran bagi murid-murid: 1) Menginsafkan dunia akan dosa. Dunia berbicara tentang manusia yang cenderung melakukan dosa dan menolak kebenaran. Kehadiran Roh Kebenaran adalah untuk menyadarkan manusia supaya mengerti bahwa dosa itu jahat dan mulai berbalik kepada Allah. 2) Menyatakan kepada dunia tentang kebenaran. Selama manusia dikuasai oleh dosa ia tidak akan mengerti tentang apa itu kebenaran sehingga menolaknya yang berujung pada kebinasaan kekal. Kebenaran adalah berbicara tentang Yesus (Yoh 14:6) 3). Menyatakan kepada dunia tentang penghakiman. Roh Kebenaran akan menyatakan bahwa kuasa dosa telah dikalahkan melalui kematian dan kebangkitan Kristus, sehingga setiap orang yang dituntun oleh Roh Kebenaran akan menang atas kuasa dosa.

Refleksi:
Saudara, kehidupan duniawi cenderung dikendalikan dan dibutakan oleh dosa sehingga dunia cenderung menolak kebenaran di dalam Yesus. Sebagai orang-orang yang telah dibenarkan oleh Kristus, kita harus selalu sedia dituntun Roh Kebenaran agar kita tidak tersesat di dunia fana ini.

Tekadku:
Tuhan Yesus, tuntunlah aku dengan kuasa Roh Kebenaran-Mu, agar aku tidak disesatkan.

Tindakanku:
Mari saudara-saudara kita belajar untuk terus mau dituntun dan dipimpin oleh Roh kebenaran, agar kita tidak mudah tersesat di belantara dunia yang penuh dosa ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»