suplemenGKI.com

MINGGU, 23 MEI 2010

22/05/2010

YOHANES 14 : 25 -27.

PEMBERIAN TUHAN YANG SANGAT BERHARGA BAGI KITA.

Roh Kudus tidak dapat dipisahkan dengan orang percaya, begitu juga sebaliknya orang percaya sangat memerlukan Roh Kudus. Orang percaya hidup di dunia yang penuh dengan kesusahan dan derita, pergumulan. Orang percaya tidak sanggup menghadapi sendirian, mereka perlu perytolongan Roh kudus.

  1. Mengapa Roh Kudus dibagian ini disebut Penghibur ? (ayat 26).
  2. Apa pekerjaan Roh Kudus di sini ? (ayat 26)
  3. Selain Roh Kudus yang menghibur apa yang diberikan Tuhan Yesus kepada orang percaya ? (ayat 27).

RENUNGAN.

Dalam ayat-ayat yang kita baca hari ini sangat padat dengan kebenaran. Dalam bagian ini  Roh Kudus di sebut sebagai Penghibur. Bagi orang Kristen hal yang terpenting tentang Roh Kudus bukanlah tentang Kebesaran dan KuasaNya, tetapi Dia adalah Kudus. tabiatNya yang Kudus bersamaan dengan manifestasi tabiat kudus dalam kehidupan orang-orang percaya. Itulah yang paling penting.

Roh Kudus disebut Tuhan Yesus sebagai Penghibur, karena Roh Kuduslah yang dapat menghibur hati orang percaya yang sedih, berduka, bermasalah dalam menghadapi rumitnya kehidupan. Penghiburan yang sejati datangnya dari Tuhan melalui karya Roh Kudus. Dan ketika Tuhan Yesus berbica tentang Roh Kudus,  Tuhan juga mengatakan beberapa kebenaran.

  1. Tuhan berbicara tentang sekutuNya yaitu Roh Kudus, untuk itu IA mengatakan 2 hal pokok.
    1. Roh Kudus itu akan mengajarkan semua perkara kepada kita.

Orang Kristen ibarat seorang pelajar dan Roh Kudus adalah guruNya, pelajarannya adalah semua Kebenaran Allah, prosesnya seumur hidup. Sepanjang kita belajar tentang kebenaran Allah, kita mendapat banyak pengalaman yang berharga yang membentuk iman kita, agar kita dapat melakukan kehendakNya. Semakin kita banyak belajar dan rela diajar oleh Roh Kudus kita semakin mengerti kehendakNya.

  1. Roh Kudus akan mengingatkan kita tentang apa yang dikatakan Yesus.

Itu berarti bahwa dalam perkara-perkara iman Roh Kudus mengingatkan kita kembali kepada semua yang telah diajarkan Tuhan Yesus tentang Kebenaran Illahi, yang harus kita temukan, kita pahami dan kita pegang sebagai landasan yang menyelamatkan.  Roh Kudus juga membina/membimbing kita dalam perilaku kita, agar yang kita lakukan sesuai dengan Kebenaran yang kita pegang.

  1. Tuhan berbicara tentang pemberianNya yaitu Damai Sejahtera.

Dalam Alkitab kata yang dipakai untuk Damai Sejahtera adalah Shalom. Kata ini berarati segala sesuatau yang mendatangkan kebaikan yang tertinggi. Damai sejahtera yang Tuhan Yesus berikan adalah Damai sejahtera yang tidak bergantung kepada situasi dan kondisi lahiriah. Penderitaan, marabahaya, kesedihan tidak dapat mengurangi  Damai sejahtera yang Tuhan berikan, dan itu bersifat permanen.

Kita patut mengucap syukur kepada Tuhan Yesus  atas pemberian yang sangat berharga kepada seiap orang percaya. Tuhan berikan Roh Kudus untuk menghibur kita dan memberikan Damai Sejahtera untuk menenteramkan kita. Amin.

“Pemberian Tuhan yang sangat berharga bagi kita adalah Roh Kudus dan Damai Sejahtera, untuk itu Bersyukurlah”!.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»