suplemenGKI.com

MITRA ALLAH YANG MEMANCARKAN KASIH

Matius 16:13-20

 

Pengantar
Jika saudara dipilih oleh atasan untuk menjadi orang kepercayaannya, maka dapat dipastikan saudara akan bersukacita. Hal itu menandakan bahwa sang atasan telah mengenal bagaimana kepribadian saudara. Oleh karena itulah, saudara akan berusaha untuk menjaga kepercayaan itu dengan giat bekerja. Demikian pula dalam kehidupan kita sebagai orang beriman yang mengenal Kristus. Kita percaya kepada-Nya karena Dia-lah yang memberikan anugerah keselamatan. Akan tetapi, ketika anugerah keselamatan di dalam Dia telah kita terima, maka kita harus mewujudkan hidup yang giat bekerja dan memuliakan nama-Nya di manapun kita berada. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 13-14    : Jawaban apakah yang diberikan para murid atas pertanyaan yang Yesus ajukan?
  • Ayat 16          : Menurut saudara, apa yang membuat Petrus yakin menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Yesus bahwa Yesus adalah Mesias?
  • Ayat 19          : Mengapa Petrus akan diberikan kunci Kerajaan Sorga? Apa maksud Yesus dalam bagian ini?

Di ayat 13, diceritakan bahwa Yesus bersama dengan kedua belas murid-Nya pergi ke daerah Kaisarea Filipi. Ketika mereka tiba di sana, Yesus memberikan sebuah pertanyaan yang mana hal itu dilakukan-Nya untuk memeriksa apakah para murid sudah mengetahui siapa Dia yang sebenarnya. Jawaban para murid ternyata sangatlah berbeda. Mereka menyebutkan bahwa menurut perkataan orang lain, ada yang mengatakan bahwa Yesus adalah Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia, atau salah seorang para nabi (ayat 14). Jawaban yang diucapkan oleh para murid ternyata menunjukkan bahwa mereka belum mengenal siapa Yesus. Mereka biasa menyebut Yesus sebagai “Guru”, akan tetapi rupanya mereka belum menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan.

Oleh karena itu, Yesus menanyakan sekali lagi pertanyaan penting itu kepada para murid-Nya. Kali ini Ia menanyakan bagaimana pendapat para murid tentang siapa diri-Nya yang sesungguhnya (ayat 15). Dengan lantang, Petrus menjawab bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup (ayat 16). Jawaban yang diucapkan oleh Petrus, memperlihatkan bagaimana isi hatinya. Petrus meyakini bahwa Yesus adalah Mesias, yang akan menggenapi rencana keselamatan Allah dalam hidup manusia. Melalui jawaban yang diberikan oleh Petrus, kita dapat mengetahui bahwa Allah telah membukakan hatinya untuk mengakui imannya kepada Yesus.

Akan tetapi pengakuan percaya kepada Yesus harus disertai dengan tindakan nyata. Yesus mempercayakan Petrus sebagai pemegang Kunci Kerajaan Sorga, yang artinya Petrus diberikan tugas dan kepercayaan untuk melanjutkan karya Yesus sebagai pemberita Injil (ayat 19). Berawal dari pengakuan iman kepada Yesus, maka iman itu diwujudnyatakan untuk bersedia menjadi rekan sekerja Allah yang membentuk persekutuan umat yang hidup berdasarkan ajaran Yesus.

Refleksi
Pepatah mengatakan, “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Apakah saudara dan keluarga telah mengenal Kristus lebih dalam? Jika saudara dan keluarga telah mengenal Kristus lebih mendalam, maka saudara pasti memiliki relasi yang erat dengan-Nya. Pengenalan yang semakin mendalam tentang Kristus, seharusnya juga diwujudkan dalam tindakan nyata yaitu, memiliki hati yang rela dan terbuka untuk menjadi rekan kerja Allah yang penuh kasih.

Tekadku
Tuhan, ampunilah segala keterbasan dan kelemahan kami sebagai umat-Mu. Ajarlah kami agar menjadi rekan kerja-Mu dalam mewujudkan damai sejahtera-Mu dalam hidup sehari-hari.

Tindakanku
Aku dan keluargaku akan bertekad untuk mengenal Kristus lebih dalam lagi melalui disiplin ber-saat teduh. Dengan segala kerendahan hati, kami juga mau belajar menjadi rekan kerja Allah melalui perkataan dan perbuatan yang memuliakan nama-Nya di manapun kami berada.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«