suplemenGKI.com

Pekerjaan yang Dikehendaki Allah

Yohanes 6:25-35

               

Pengantar
                Kebanyakan orang mengerjakan yang ia sukai, baik dalam pekerjaan maupun dalam hobinya. Orang akan bertambah semangat bekerja kalau pekerjaan itu sesuai pula dengan kesenangannya. Bahkan banyak orang berani meninggalkan pekerjaan yang sudah tetap menggantinya dengan pekerjaan yang ia senangi walaupun pekerjaan itu belum tentu menghasilkan yang lebih besar dari yang dulu. Bagaimana dengan orang yang percaya, pekerjaan apakah yang disukai oleh Allah? Mari kita perhatikan bagian ini.

Pemahaman
Ay 25-26, Apa yang ditanyakan orang banyak kepada Yesus dan apa tanggapan Yesus terhadap mereka?
Ay 27-29, Apa yang Yesus maksudkan dengan mengerjakan pekerjaan Allah?
Ay 30, Apa yang diminta orang banyak dari Yesus?
Ay 31-35, Apa yang Yesus katakan kepada mereka tentang “Roti Hidup”?

Banyak orang mencari-cari Yesus untuk mendengarkan dan melihat apa yang diperbuat-Nya. Maka ketika Yesus di cari tidak ditemukan, mereka tidak putus asa terus mencarinya sampai menemukan-Nya. Maka begitu mereka menemukan Yesus, mereka berkata: “Rabi, bilamana Engkau tiba di sini?” Rupanya Yesus mengetahui apa yang menjadi kerinduan mereka untuk menemui Yesus. Bahkan Yesus mengatakan dengan terus terang: “Sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti dan menjadi kenyang.”

Yesus mengingatkan mereka untuk bekerja, bukan untuk makanan yang dapat binasa melainkan untuk makanan yang tidak dapat binasa. Yesus mengarahkan mereka untuk bekerja yang sesuai dengan kehendak Tuhan atau pekerjaan yang dikehendaki Allah. Yesus menghendaki supaya mereka percaya kepada Allah yang mengutus Yesus.

Maka bagi banyak orang Yahudi, tanda-tanda apakah yang membuat mereka sanggup mempercayai Yesus yang diutus oleh Allah. Mereka menceritakan bagaimana Musa memimpin bangsa Israel dan memberi manna di padang gurun. Mereka di beri makan roti dari Surga oleh Allah.

Yesus menjelaskan bahwa manna yang turun dari surga itu bukan Musa yang memberi namun BapaNya yang memberikanNya. Maka Yesus menyatakan bahwa dialah Roti hidup, barang siapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi dan barang siapa percaya kepadaKu tidak akan haus lagi.

Pekerjaan yang Allah kehendaki mempercayai Yesus yang adalah utusan Bapa, itu berarti meluangkan waktu supaya banyak orang yang percaya kepada Yesus itu juga yang disenangi oleh Bapa.

 Refleksi
Ambil waktu sejenak dan renungkanlah: Apakah saya sudah melakukan pekerjaan yang dikehendaki oleh Allah? Atau sibukkah saya dengan pekerjaan-pekerjaan yang hanya untuk kepentingan diri sendiri?

Tekadku
Ya Tuhan, ampuni kami kalau ternyata kami sibuk dengan pekerjaan duniawi kami, bahkan kami tidak sempat memikirkan pekerjaan yang Allah kehendaki dalam hidup ini.

Tindakanku
Hari ini saya memikirkan dan bertindak untuk mengambil bagian dalam pekerjaan Allah di gereja, supaya nama Yesus semakin dipermuliakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*