suplemenGKI.com

Minggu, 22 Mei 2016.

21/05/2016

Yohanes 16:12-15.

 

Roh Kebenaran Memimpin Kepada Seluruh Kebenaran

Pengantar:
Pernahkah saudara berpikir, mengapa seorang anak harus sekolah mulai dari taman kanak-kanak, kemudian meningkat pada sekolah dasar, selanjutnya sekolah menengah pertama, dilanjutkan lagi pada sekolah menengah atas dan jenjang lebih tinggi adalah perguruan tinggi strata satu sampai strata tiga. Semua itu disesuaikan dengan kemampuan dari seorang sesuai dengan usianya. Sangat tidak mungkin seorang anak yang baru bisa menyerap pelajaran TK diberi pelajaran SD dan seterusnya. Pola ini juga diterapkan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya ketika tidak lama lagi Ia akan meninggalkan murid-murid-Nya untuk dimuliakan oleh Bapa.

Pemahaman:

1)      Apakah makna pernyataan Yesus “Masih banyak hal yang harus Kukatakan…” (v.12)

2)      Apa maksudnya bahwa Roh Kebenaran akan memimpin kepada seluruh kebenaran (13)

3)      Apa maksud pernyataan Yesus tentang Roh Kebenaran di ayat 14-15?

Yesus sangat mengerti kemampuan murid-murid-Nya, bahwa murid-murid tidak mampu untuk menyerap setiap pengajaran yang Ia sampaikan selama mereka menjadi murid-Nya. Salah satu contoh, ketika Yesus berbicara tentang memulihkan kerajaan Israel, Yesus hendak mengarahkan hati mereka pada kedatangan Roh Kudus, karena dengan kedatangan Roh Kudus mereka akan dikuatkan, diteguhkan untuk menanggung segala sesuatu yang menimpa mereka karena iman kepada Yesus. Itu sebabnya Roh Kudus dikatakan sebagai Roh penghibur, Roh Penolong, Roh Kebenaran (band Yoh 14:16-17; 2616:13) Tetapi karena keterbatasan para murid, maka pemulihan kerajaan Israel dipahami sebagai pemulihan kerajaan Israel secara politik, sebab saat itu Israel sedang di bawah kekuasaan Romawi.

Kedatangan Roh Kebenaran akan memimpin kepada seluruh kebenaran, itu dimaksudkan bahwa murid-murid dengan pimpinan Roh Kebenaran akan menjadi duta-duta kebenaran sebagaimana yang telah Yesus ajarkan kepada mereka. Mereka akan memberitakan kebenaran kepada dunia untuk menginsyafkan dunia akan dosa, menguatkan orang percaya agar tetap teguh dalam kebenaran sekalipun dalam tekanan, himpitan (v. 7-11)

Roh Kebenaran mempermuliakan Kristus, bahwa Roh kudus akan memimpin orang percaya ke dalam kebenaran dalam Kristus (Band. Ef 4:21-22) dengan meninggalkan manusia lama dan hidup dalam manusia baru sesuai dengan panggilan Tuhan, yaitu hidup sebagai manusia baru (Ef 4:17)

Refleksi:
Mari kita merenung sejenak, sudahkah kita memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kebenaran, agar kita hidup dalam kebenaran sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus?

Tekad:
Taat dan setia mengikuti pimpinan Roh Kebenaran untuk mengerjakan kebenaran sesuai dengan panggilan sebagai manusia baru.

Tindakkan:
Memberi diri secara utuh untuk mengikuti pimpinan Roh Kebenaran dalam setiap aspek kehidupan, tidak lagi hidup menurut kehendak sendiri melainkan kehendak Roh Kebenaran.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*