suplemenGKI.com
My Mind

My Mind

Bacaan : Lukas 24 :36-49.[ lanjutan ]

“Tuhan membuka pikiran mereka”

Renungan kemarin menjelaskan bahwa walaupun Tuhan Yesus sudah hadir ditengah-tengah kumpulan para murid dan sudah  menyatakan bahwa IA adalah Yesus, dengan memperlihatkan tangan dan tubuhNya juga telah makan sepotong ikan di depan para murid namun para murid juga belum yakin /percaya. mengapa mereka juga belum percaya ?

Pertanyaan penuntun.

  1. Apa penyebabnya murid-murid juga belum percaya ?
  2. Apa  yang dilakukan Tuhan Yesus untuk meyakinkan murid-muridNya bahwa IA benar-benar sudah bangkit ?
  3. Bagaimana respon para murid ?
  4. Apa yang dimaksud dengan kata-kata Tuhan Yesus, “kamu adalah saksi” ? apakah ada pesan dari kata-kata tersebut ?

RENUNGAN.

Kehadiran Tuhan Yesus ditengah para murid adalah bukti kebangkitanNya, namun para murid juga masih ragu. Keraguan itu disebabkan oleh pemahaman mereka tentang kematian dan kebangkitan. Bahwa selama ini tidak pernah orang yang sudah mati bangkit kembali untuk bertemu dengan mereka yang masih hidup. Dan kenyataan bahwa Yesus hadir ditengah murid-murid itu membingungkan mereka sehingga walaupun Tuhan Yesus sudah berdiri ditengah-tengah mereka dan membuktikan DiriNya sudah bangkit tetapi para murid juga masih ragu-ragu.

Akhirnya Tuhan Yesus menerangkan kepada para murid tentang apa tujuan dari penderitaan dan kematianNya, seperti yang telah diberitahukan kepada para murid  ketika Tuhan    Yesus bersama-sama dengan mereka. Hal itu sebagai penggenapan Taurat Musa, Mazmur dan kitab nabi-nabi. Kitab suci sudah menerangkan bahwa Mesias harus menderita, mati dan bangkit supaya setiap orang yang percaya kepada Nya mendapat pengampunan dosa.  Tuhan Yesus membuka pikiran mereka dengan penjelasan kitab suci sehingga para murid mengerti.

 Sekarang para murid sudah mengerti dan sudah percaya tentang kebangkitan Tuhan Yesus, maka disaat itulah Tuhan Yesus mengatakan kepada mereka, “kamu adalah saksi dari semuanya ini”. Dengan berkata demikian Tuhan Yesus hendak menjelaskan bahwa : 1. Para murid adalah saksi dari kebangkitan Tuhan Yesus.  2. Para murid harus meneruskan berita bahwa dalam nama Yesus berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan  kepada semua bangsa. 3. Dalam menjalankan tugas tersebut Tuhan Yesus akan mengirim penolong [Roh Kudus]yang dijanjikan Bapa.

Ketakutan, keragu-raguan juga pemahaman yang sempit dapat menutup pikiran seseorang terhadap kasih Tuhan yang memberikan anugerah pengampunan dan keselamatan. Jika bukan Tuhan Yesus sendiri yang membuka pikiran kita maka tidak mudah bagi kita untuk menerima anugerahNya. Oleh sebab itu, untuk menerima Anugerah yang begitu besar yang disediakan Tuhan Yesus Kristus maka kita harus membuka pikiran dan hati kita untuk Tuhan. Bagaimana dengan saudara ? apakah sudah membuka hati dan pikiran saudara untuk Tuhan ? Tuhan Yesus memberkati.

“Hati dan pikiran yang terbuka untuk Tuhan menjadikan Tuhan membuka HatiNya untuk kita”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«