suplemenGKI.com

Bacaan : Markus 10 :  41-45.

Tema : Dipilih Untuk Melayani.

PENGANTAR.
Ada pertanyaan yang perlu dijawab bagi setiap kita yang terlibat dalam pelayanan. Apa yang saudara harapkan ketika melayani Tuhan ? ada orang yang berpikir ketika melayani supaya diberkati Tuhan, supaya dimudahkan dalam berusaha, pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya. Apakah itu boleh ada dalam pikiran kita/motivasi kita dalam melayani ?

PENDALAMAN.

  1. Mengapa Tuhan Yesus mengatakan, “Barangsiapa ingin menjadi besar…… hendaklah ia menjadi pelayanmu…..? ( ayat 43-44).
  2. Apa makna dari pernyataan Tuhan Yesus, Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani ? (ayat 45)

Yohanes dan Yakobus memang memiliki harapan dalam mengikut Yesus yaitu agar mereka dapat duduk di sebelah kanan dan kiri Tuhan Yesus ketika Tuhan Yesus bertakhta dalam kemuliaan-Nya. Namun ketika Tuhan memilih mereka (murid-murid) tujuannya adalah agar mereka kelak menjadi pelayan Tuhan (Penjala manusia). Mereka dipilih Tuhan Yesus untuk melayani. Oleh sebab itu ketika Yohanes dan Yakobus meminta posisi istimewa Tuhan Yesuspun memberi jawaban yang tepat yaitu, “Barangsiapa ingin menjadi besar…..hendaklah ia menjadi pelayanmu/hamba….”. Dari jawaban Tuhan Yesus ini mengingatkan mereka bahwa menjadi pelayan Tuhan itu istimewa. Atau melayani Tuhan itu adalah tugas yang mulia sehingga harus dikerjakan secara totalitas. Untuk itu Tuhan Yesus juga memberi teladan yang nyata ketika Ia berkata, “Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani”. Tuhan Yesus bukan hanya berkata-kata tetapi langsung memberi teladan bagaimana melayani. Hal itu ditunjukkan ketika Ia membasuh kaki murid-murid. Bahkan Tuhan juga sudah memberikan nyawa-Nya bagi kita. Sehingga melayani Tuhan adalah anugerah. Mengapa demikian ? karena kita adalah orang berdosa yang tidak layak untuk melayani Tuhan Allah yang Maha Kudus. Namun kita dipilih dan dipercaya untuk melayani-Nya. Bukankah itu adalah anugerah.

Dengan demikian ketika kita melayani Tuhan yang menjadi motivasi satu-satunya adalah demi kemuliaan nama Tuhan. Marilah kita melayani dengan sebaik mungkin. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan secara mendalam ! Jika saudara melayani Tuhan, apakah motivasi saudara ? Tahukah saudara bahwa yang memilih saudara untuk melayani adalah Tuhan ?

TEKADKU.
Ya Tuhan luruskanlah motivasi saya dalam melayani-Mu. Supaya bukan untuk kepentingan diri sendiri tetapi demi kemuliaan Tuhan.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya akan melayani Tuhan dengan sukacita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«