suplemenGKI.com

Mazmur 27:7-14

MENCARI WAJAH TUHAN

 

PENGANTAR
Membangun hubungan yang semakin akrab dengan Tuhan bukanlah hal yang mudah. Ini wajar karena ketidaksetaraan kita dengan-Nya. Dia adalah Allah yang maha kudus, Pencipta dan Pemelihara alam semesta. Sedangkan kita adalah manusia yang penuh dosa, yang masih harus bergumul dengan berbagai bentuk kelemahan dan kegagalan kita. Namun, meskipun sulit, kita harus tetap berusaha membangun hubungan yang akrab dengan Dia. Kita tidak boleh lupa bahwa Tuhan sendirilah yang menghendaki kita membangun hubungan yang akrab dengan Dia. Kita juga percaya bahwa Dia sendirilah yang akan menolong kita untuk mewujudkannya.

PEMAHAMAN
Ay. 7-10        Hal apa sajakah yang pemazmur lakukan untuk menjalin hubungan dengan Tuhan? Sebutkanlah paling sedikit tiga hal.

Ay. 11-13     Pemazmur memohon agar Tuhan menuntun setiap langkahnya (ay. 11). Menurut Anda, mengapa? Sebutkanlah dua alasan berdasarkan ayat 12 dan 13.

Ay. 14            Pemazmur juga memberikan nasihat kepada orang-orang yang ingin menjalin hubungan dengan Tuhan. Apa isi nasihatnya?  Mengapa nasihat ini penting?

Untuk menjalin hubungan dengan Tuhan, pemazmur melakukan beberapa hal. Pertama, ia berseru sambil memohon belas kasihan Tuhan agar Tuhan berkenan menjawab seruannya.  Kedua, ia juga mengikuti perintah Tuhan untuk mencari wajah-Nya. Artinya, pemazmur juga berusaha menjaga kekudusan hidupnya agar Tuhan berkenan kepada-Nya. Ketiga, pemazmur juga memohon agar Tuhan menyambutnya dengan penuh kasih meskipun ia seorang yang berdosa. Pemazmur memohon agar Tuhan tidak murka kepadanya, tidak menolaknya, atau membuangnya dari hadapan-Nya.

Selain memohon belas kasihan, pemazmur juga memohon agar Tuhan memimpin setiap langkahnya. Pemazmur menyadari keterbatasannya sebagai manusia yang berdosa. Dengan pimpinan Tuhan, pemazmur akan dapat mengatasi kelicikan dan kejahatan musuh-musuhnya dan akan mampu mempertahankan imannya.

Di bagian akhir, pemazmur menasihati kita agar terus-menerus menantikan Tuhan dengan hati yang teguh. Untuk membangun hubungan dengan Tuhan memang dibutuhkan kesabaran dan keteguhan hati. Ini berlaku bagi kita semua, terutama kita yang harus menghadapi berbagai masalah dalam hidup kita.

REFLEKSI
Membangun hubungan dengan Tuhan harus dilakukan dengan penuh kesungguhan, keteguhan hati, dan kesabaran. Itu semua adalah harga yang pantas agar kita, manusia yang berdosa, senantiasa mengalami kehadiran dan pimpinan Tuhan dalam hidup kita.

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah aku yang kurang tekun membangun hubungan dengan-Mu. Aku akan mulai lagi upayaku membangun hubungan dengan-Mu.  Sambutlah aku dengan kasih-Mu, ya Tuhan.

TINDAKANKU
Aku akan menyediakan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk datang kepada Tuhan, mencari wajah-Nya dan memohon belas kasihan-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«