suplemenGKI.com

Matius 16 : 13 – 20.

‘Pengakuan Iman yang agung’

Tanpa terasa GEREJA KRISTEN INDONESIA [ GKI ] sudah memasuki usia penyatuan ke 23. Perlu diingat bahwa dalam mewujudkan penyatuan tersebut tidaklah gampang, tetapi perlu perjuangan dan upaya keras untuk mewujudkannya. Banyak para pakar, pemikir, hamba Tuhan yang terus berjuang agar penyatuan GKI dapat terwujud, juga begitu banyak dana yang telah dikeluarkan demi penyatuan 3 sinode GKI yaitu GKI JATIM, GKI JATENG dan GKI JABAR yang akhirnya ikrar penyatuan akhir pada tahun 1988. Kini usia penyatuan GKI sudah berjalan 23 tahun. Kita patut bersyukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus Sang Kepala Gereja yang telah mempersatukan GKI seperti sekarang ini, dengan keyakinan bahwa Tuhanlah dasar segala sesuatu menjadi peringatan bagi kita di usia GKI yang ke 23 ini.

Pertanyaan penuntun.

1.       Iman yang agung’at Ku’mengapa Tuhan Yesus bertanya kepada murid-muridnya, kata orang siapakah anak manusia itu ? [ayat 13].

2.       bagaimanabbagaimanakah jawaban mereka ? [ayat 14]

3.       mengapa mmengapa kemudian Tuhan Yesus bertanya kepada murid-muridNya, tetapi apa katamu, siapakah Aku ini ?  [ayat  15].

4.       babbagaimanakah jawaban Simon Petrus ?     [ayat 16]

5.       bagaimanakahbagaimana respon Tuhan Yesus terhadap pengakuan Petrus ? [ayat 17-20].

RENUNGAN.

Dalam perikop ini dikisahkan bahwa Tuhan Yesus sudah bersiap untuk pergi ke Yerusalem yang mana hal itu menjadi tujuanNya. Jadi sebelum mati Tuhan Yesus kepingin memeriksa murid-muridNya, apakah mereka tahu dengan jelas siapa DiriNya yang sebenarnya. Pertanyaan Tuhan Yesus kepada murid-murid dimulai dengan pertanyaan sebagai berikut, menurut kata orang siapakah Anak manusia ? dari pertanyaan tersebut murid-murid menjawab bahwa menurut banyak orang Yesus adalah, Yohanes pembaptis, nabi Elia, nabi Yeremia atau seorang nabi. Dari jawaban tersebut Tuhan Yesus mengetahui bahwa orang-orang Yahudi hanya menganggap bahwa Yesus adalah sebagai sosok yang tidak lebih dari seorang nabi. Dari jawaban tersebut Tuhan Yesus kepingin tahu, apakah murid-muridNya juga memiiki pemahaman yang sama seperti orang-orang Yahudi ? sehingga Tuhan Yesus   bertanya kepada murid-muridnya, tetapi apa katamu, siapakah Aku ini ? dari pertanyaan Tuhan Yesus inilah maka lahirlah sebuah pengakuan iman yang agung dari Simon Petrus, “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup”.  Jawaban Petrus ini sangat penting dan menggembirakan hati Tuhan, karena para murid inilah yang kelak harus meneruskan pekerjaan Tuhan Yesus. Bagaimana mungkin mereka dapat menjalankan tugas dengan baik jika mereka sendiri belum yakin bahwa Yesus adalah Sang Mesias sejati. Tetapi ternyata mereka memiliki iman yang benar tentang Yesus Kristus sebagai Mesias.

Dari jawaban Petrus maka lahirlah sebuah pernyataan Tuhan Yesus yang luar biasa, Engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini aku akan mendirikan jemaatKu,…. Petrus sebagai orang pertama yang dengan keinsafan penuh mengakui Yesus sebagai Mesias. Ia merupakan batu yang pertama dari jemaat Kristus, yang kemudian banyak batu-batu yang lain terus ditambah sampai menjadi bangunan yang besar.

GEREJA KRISTEN INDONESIA adalah termasuk salah satu dari bangunan tersebut, para pendiri GKI telah meletakkan dasarnya, dan sekarang kita semua anggota jemaat GKI yang bertanggungjawab meneruskan perjuangan para pendiri GKI. Pembangunan jemaat dan segala pelayanan gereja bukan hanya menjadi tanggungjawab para pendeta, pembina, majelis jemaat saja tetapi tanggungjawab semua anggota jemaat. Sehingga ke depan GKI akan semakin solid. Sadarkah anda bahwa pembangunan jemaat dan segala pelayanannya menjadi tanggung jawab saudara juga ? mari bergabung membangun GKI. AMIN. 

SELAMAT ULANG TAHUN KE 23  GEREJA KRISTEN INDONESIA”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«