suplemenGKI.com

SERIUS BAGI KRISTUS

Filipi 1 : 21 – 30                

Pengantar
Setiap kita sebagai pribadi maupun komunitas pasti memiliki pergumulan. Namun apakah setiap kita dapat menghadapi dan melewati (menyelesaikan) pergumulan yang terus ada secara bergantian dan beragam ini, yang secara konkret berupa pilihan-pilihan hidup yang terus akan dijumpai atau tersedia. Dan bekal apakah yang perlu kita siapkan dalam menghadapi berbagai pergumulan kehidupan, serta keyakinan dan pengharapan seperti apa yang harus kita miliki. Maka marilah kita membaca dan memperhatikan Filipi 1 : 21 – 30, untuk melihat bagaimana Rasul Paulus melewati pergumulannya dengan keyakinan dan pengharapan iman yang diperjuangkan secara serius bagi Kristus.

Pemahaman
Ayat  21 – 26       :  Apa yang menjadi pergumulan dan keyakinan Paulus?
Ayat  27 – 30       :  Apa yang menjadi pengharapan Paulus?

Paulus sedang menghadapi pergumulan, yaitu tentang keberadaan hidup dan mati terkait dirinya. Pergumulan antara apa yang lebih baik dan apa yang lebih perlu dalam perwujudan imannya kepada Kristus. Dan pada akhirnya Paulus sampai pada sebuah keyakinan bahwa ia akan tetap tinggal bersama jemaat untuk bekerja memberi buah, yaitu agar kehidupan umat makin maju dan bersukacita dalam iman. Dengan demikian kita diajak untuk melewati tiap pergumulan kita dengan melihat apa yang perlu kita lakukan dalam bekerja memberi buah. Ungkapan ‘bekerja’ memberi penekanan tentang adanya sesuatu yang dihasilkan secara serius dan bertanggung jawab. Jadi bukan sekedar berbuat atau melakukan aktivitas tertentu tanpa hasil yang nyata.

Namun dalam segala pergumulan dan keyakinan Paulus, ada hal yang memberi daya juang yaitu adanya pengharapan Paulus agar kehidupan jemaat dapat berpadanan dengan Injil Kristus yang nyata dalam kehidupan jemaat yang teguh berdiri dalam satu roh dan sehati sejiwa berjuang untuk iman. Dengan tidak gentar menghadapi situasi yang menekan termasuk dalam menghadapi penderitaan demi Kristus. Pengharapan Paulus yang menjadi pengharapan iman bersama inilah yang memampukan Paulus untuk tetap bekerja dan sekaligus berjuang memberi buah bagi Kristus. Maka penting bagi kita untuk tetap memiliki sebuah pengharapan dalam wujud visi dan misi hidup yang serius bagi Kristus.

Teladan Rasul Paulus dalam hal pergumulan pelayanan terkait Markus ada dalam 2 Timotius 4:11b yang mana tertulis: Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita telah bergumul serius tentang hidup dan mati kita?
  • Apakah kita memiliki pengharapan iman bersama dalam kehidupan berjemaat (termasuk dalam kehidupan berkeluarga), berupa visi dan misi yang serius bagi Kristus? 

Tekad
Ya ALLAH, jadikan aku sebagai orang percaya yang serius dalam menjalani kehidupan dan bekerja memberi buah bagi Kristus.

 

Tindakanku
Dalam situasi pandemi, dan juga di waktu selanjutnya, saya akan berupaya untuk berbagi pengharapan iman untuk melewati berbagai pergumulan bersama sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*