suplemenGKI.com

Minggu, 20 Mei 2018

19/05/2018

Yohanes 16:4-15

ROH KUDUS MEMBIMBING KE DALAM PERTOBATAN

 

Pengantar
Pernahkah kita bertanya mengapa Yesus menjanjikan Penghibur? Untuk apa Penghibur yakni Roh Kudus harus ada di tengah-tengah kehidupan umat?

William Barclay menceritakan bahwa disebuah desa di India, seorang Misionaris menceritakan tentang Kristus dengan memakai slide yang diproyeksikan di tembok putih. ketika gambar dimana Yesus sedang disalibkan di tayangkan, tiba-tiba seseorang maju ke depan dan berteriak, “turunlah” teriaknya . Akulah yang seharusnya tergantung di sana-bukan Engkau. Mengapakah melihat seseorang yang tersalib sebagai penjahat di Palestina 2000 tahun yang lalu dapat membuat seseorang terharu di sepanjang masa sampai hari ini? Itulah pekerjaan Roh Kudus. Roh Kuduslah sebagai pencipta pertobatan dalam hati manusia.

Pemahaman

Ayat 4-11             Mengapa Yesus harus pergi ?

Ayat 12-15           Apa yang akan dikerjakan oleh Penghibur yang akan datang itu?

Yesus menyampaikan pesan kepada para murid-Nya. Pesan terakhir Yesus mengenai konsekuensi dalam mengikut DIA. Saat hidup sebagai pengikut Kristus kita akan dibenci oleh dunia. Kita akan mengalami tantangan karena kita menyampaikan yang benar dan adil dan hidup sesuai perintah Kristus.

Saat Yesus pergi, Ia tidak pergi dan menelantarkan kita melainkan Ia memberikan penghibur bagi kita agar kita melanjutkan karya Kristus untuk memberitakan tentang firman Tuhan dalam kehidupan kita. Penghibur itu adalah Roh Kudus yang tetap tinggal dalam diri kita memberikan kekuatan supaya kita hidup jauh dari dosa, bertindak yang benar dan bersaksi meski akan dibenci.

Kristus tidak akan pernah meninggalkan kita sendiri karena itu kita dipanggil untuk tetap setia menjauhi dosa dan senantiasa berani menyatakan kebenaran dalam kehidupan meski harus menghadapi tantangan.

Refleksi
Mari kita lihat perjalanan hidup kita, sadarkah kita bahwa kita mudah tergoda hidup dalam dosa? Namun bukankah dalam setiap godaan dan tantangan yang kita hadapi, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita untuk jatuh dalam dosa? Sudahkah kita merasakan kehadiran Roh Kudus yang membuat kita tetap setia dan berani menjadi benar?

Tekadku
Tuhan, aku mau mengakui aku sering tergoda untuk jatuh dalam cobaan dan menjauh dari Tuhan. Karena itu, aku mau menyerahkan hidupku sepenuhnya kepada-Mu. Kuatkanlah imanku sehingga Roh Kudus senantiasa menuntunku menjadi yang benar dan menjauhi dosa.

Tindakanku
Aku mau menyediakan waktu khusus bersama keluarga untuk merenungkan Firman Tuhan dan bersama-sama berdoa untuk dapat semakin dikuatkan menjadi setia dan hidup benar.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»