suplemenGKI.com

Minggu, 20 Mei 2012.

19/05/2012

Yohanes 17:14-19.

 

Tugas Pengutusan Adalah Berdasarkan Firman Yang Hidup

            Seorang murid mendapatkan banyak pelajaran, bekal dan pengetahuan ketika berada di bangku sekolah. Semua bekal, pengetahuan dan pelajaran itu bukan sekedar untuk menjadikan dia pintar, mengetahui banyak hal dan pandai, tetapi semua itu akan berguna, menolong dan menguntungkan dia ketika keluar atau tamat dari bangku sekolah. Selama dia berada di bangku sekolah semua pengetahuan, bekal dan kepandaian itu belum berguna sama sekali. Tetapi nanti ketika dia berhadapan dengan dunia kerja, karier dan kehidupan yang kompleks di luar sekolah semua pengetahuan, bekal dan pelajaran itu akan berguna dan menolong dia.

Berguna atau tidaknya semua pengetahuan, bekal, kepandaian yang didapat seorang murid selama di bangku sekolahnya sangat bergantung dari apakah dia taat dan setia mengamalkan dan melakukannya. Yohanes 17:14-19, menunjukkan kepada kita apa yang harus dilakukan oleh setiap orang percaya dalam menjalankan tugas mpengutusan di dunia ini.

 

Pertanyaan-pertanyaan penuntun:

  1. Apakah yang paling penting yang telah diberikan oleh Tuhan Yesus selama Ia bersama-sama dengan murid-murid-Nya di dunia ini?
  2. Mengapa Yesus meminta agar Bapa tidak mengambil murid-murid dari dunia ini, tetapi justru melindungi murid-murid-Nya dari yang jahat?
  3. Bagaimana murid-murid harus menjalankan tugas pengutusan di dunia yang membenci mereka?
  4. Apakah saudara sudah menjadikan firman Tuhan sebagai bekal yang berguna dalam menjalankan kehidupan yang penuh tantangan ini?

 

Renungan:

Kepatuhan dan ketaatan Tuhan Yesus dalam menjalankan misi penyelamatan-Nya bagi manusia yang berdosa adalah sebuah teladan yang sangat agung. Tuhan Yesus rela berkorban menyerahkan diri seutuhnya tanpa menyisakan sedikitpun kesenangan bagi diri-Nya demi untuk menyelamatkan manusia berdosa yang mau percaya kepada-Nya. Ketika Yesus akan naik ke Sorga, Ia memberikan Firman kebenaran yang hidup kepada setiap orang percaya untuk menjadi kekuatan dan sumber pertolongan di dalam menjalankan tugas pengutusan di dunia ini. firman itu adalah representasi Yesus sendiri bagi hidup setiap orang percaya. Firman itu akan menjadi penting, berarti dan berkuasa atas setiap orang percaya apabila ada kepatuhan, ketaatan dan kesetiaan mengamalkan, melakukan dan mengandalkannya dalam tugas pengutusan dan kehidupannya.

Dalam tugas pengutusan, setiap orang percaya akan berhadapan dengan banyak tantangan. Namun walaupun demikian, setiap orang percaya telah diberi tugas dan tanggungjawab untuk bersaksi tentang Kristus Sang firman yang hidup yang dapat menyelamatkan orang yang percaya kepada-Nya. Maka doa Yesus adalah agar Bapa memberikan perlindingan, kekuatan dan pemeliharaan bagi setiap orang percaya yang setia menjadi saksi-Nya di dunia ini dalam karya, iman dan pelayanannya.

Sebagai mana yang diteladankan Yesus, dalam menjalankan misi penyelamatan-Nya bagi dunia ini, dilakukan-Nya dengan satu motivasi, yaitu kasih kepada manusia, maka setiap kita yang diutus untuk bersaksi tentang firman yang hidup itu juga harus menjalankannya dengan motivasi kebenaran dan kasih kepada sesama. Bukan dengan motivasi untuk mencari popularitas, kekayaan atau kesombongan diri. Berdasarkan keteladanan Kristus itu, maka biarlah pelayanan kita, ibadah kita, karya kita kepada dunia ini senantiasa berlandaskan kasih Kristus. Demikian juga ketika kita menjalani hidup yang kompleks dengan pergumulan ini jadikanlah Firman Tuhan yang hidup sebagai kekuatan dan topangan kita satu-satunya. Tuhan memberkati.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«