suplemenGKI.com

Matius 15:21-28

KASIH YANG UNIVERSAL

 

Pengantar
Benarkah kasih Allah hanya terbatas pada bangsa tertentu atau kelompok tertentu? Benarkah kasih Allah diperuntukkan bagi seluruh umat manusia? Teks bacaan hari ini hendak memperlihatkan kepada kita bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang mengasihi semua.

Pemahaman

Ayat 21-24      Darimanakah asal perempuan dalam teks bacaan? Apa yang tengah ia alami? Bagaimanakah sikap Yesus?

Ayat 25-28     Mengapa Yesus berkata dengan kasar terhadap perempuan itu? Apa yang hendak disampaikan Yesus melalui tindakan dan ucapan yang dilakukan-Nya?

Seorang perempuan Kanaan datang kepada Yesus dan meminta agar Yesus menyembuhkan anak perempuannya (ayat 21-22). Namun Yesus menanggapi dengan dingin permintaan perempuan itu. Hal itu terjadi karena Yesus mengetahui asal perempuan itu. Bagi orang Yahudi adalah najis berhubungan dengan orang kafir. Namun Yesus tidak bermaksud mempersoalkan latar belakangnya.

Ucapan Yesus memang terdengar kasar. Secara tidak langsung ia menyebut perempuan itu seperti “anjing”. Namun harus dipahami bahwa sebutan ini muncul dari golongan Yahudi sebagai sikap merendahkan orang-orang yang menyembah berhala. Sekali lagi sikap Yesus harus dipahami bukan bermaksud untuk menjatuhkan perempuan itu. Yesus justru sedang menguji iman perempuan itu. Jawaban perempuan Kanaan sangat rendah hati dan memperlihatkan pengharapannya yang besar kepada Kristus. Itulah mengapa Yesus menyampaikan bahwa iman perempuan itu sangat besar (ayat 28)

Secara tidak langsung melalui peristiwa ini Yesus hendak mengajarkan kepada murid-murid dan semua orang yang ada pada waktu itu bahwa kasih Allah bukanlah kasih yang eksklusif tetapi kasih yang universal. Allah tidak memandang latar belakang seseorang. Bagi Allah semua orang adalah sama.

Refleksi
Sudahkah kita mengasihi seperti Allah mengasihi, tanpa memandang muka dan melihat latar belakang?

Tekadku
Ya Allah, ajar kami untuk mengasihi dengan ketulusan.

Tindakanku
Belajar peka dan peduli pada keadaan sesama disekitarku

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«