suplemenGKI.com

DIA DIAM DI ANTARA KITA

Yohanes 1:10-18

 

PENGANTAR
                Apa tanggapan saudara kalau orang tidak mengenal saudara? Mungkin kita akan berkata wajar karena kita memang tidak terkenal. Namun apa jadinya kalau anak kita tidak mengenal kita dan tidak mau menerima kita sebagai orang tuanya. Mungkin hal ini paling menyakitkan hati kita, mana kala ada orang yang sudah dilahirkan dan dibesarkan oleh kita namun tidak mengakui kita sebagai orang tuanya. Bagaimana dengan Tuhan yang datang kepada kepunyaan-Nya?

PEMAHAMAN
ay 10-11,     Apa yang Yohanes katakan tentang keberadaan Tuhan?
ay 12,          Apa yang Tuhan berikan ketika seseorang menjadi anak-anak-Nya?
ay 13-14,    Apa yang Tuhan katakan tentang keberadaan manusia dan firman-Nya?
ay 15-18,    Apa kesaksian Yohanes tentang Dia?

Tuhan begitu mengasihi manusia yang berdosa, bahkan Tuhan tahu bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri, maka Tuhan datang kepada kepunyaan-Nya. Kedatangan-Nya di dunia ini tidak dikenal oleh kepunyaan-Nya, bahkan kepunyaan-Nya tidak menerima-Nya. Tuhan datang kepada kepunyaan-Nya dengan cara menjelma menjadi sama dengan manusia, dan diam diantara manusia yang ada di dunia ini.

Yohanes memberikan kesaksian bahwa Dia ada sebelum Yohanes ada, Dia penuh kemuliaan dan Dia memberikan kasih karunia kepada orang yang berkenan kepadaNya. Yohanes menegaskan bahwa tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah, namun Anak Tunggal Allah ada dalam pangkuan Bapa. Hal ini mengingatkan pada kita bahwa kita bisa melihat kepenuhan Allah hanya di dalam diri Yesus.

Yohanes juga menyaksikan bahwa orang-orang yang diperanakkan itu bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki saja, melainkan dari Allah. Tuhanlah yang menciptakan alam semesta berserta semua yang ada di dalamnya.

Namun semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya. Setiap orang yang percaya memiliki hak yang istimewa yaitu sebagai anak-anak Allah karena ada kuasa Allah yang memampukan kita untuk jadi anak-anak-Nya

REFLEKSI
Ambil beberapa waktu untuk menenungkan: Pernahkan saudara menolak kehadiran Tuhan dalam hidup ini? Apakah Tuhan berada di antara kita?

TEKADKU
Ya Tuhan, sering kali kami menganggap bahwa Engkau adalah Tuhan yang jauh, sulit untuk dihampiri dan tak terhampiri, ampunilah kami kalau menganggap Engkau jauh padahal Engkau ada diantara kami, perbaharuilah hidup kami ya Tuhan. Amin.

TINDAKANKU
Hari ini saya mau menyadari bahwa Tuhan diam di antara saya dan manusia di dunia ini. Saya percaya bahwa tindak tanduk kami terus ada dalam naungan-Mu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«