suplemenGKI.com

Matius 2 : 1 – 12.

“Keselamatan bagi segala bangsa”

Ketika Yesus lahir di Betlehem datanglah orang-orang bijak ( Majus ) dari Timur untuk menyatakan hormat   mereka kepada Yesus Sang Raja diatas segala Raja yang baru lahir. Mereka ( orang-orang majus ) adalah orang-orang yang mengetahui filsafat, ilmu kedokteran dan ilmu alam. mereka juga mampu menafsirkan mimpi dan meramalkan hal-hal yang akan terjadi termasuk peristiwa alam. waktu itu mereka melihat bintang terang, yang menurut banyak ahli pada sekitar tahun 11 – 2 SM banyak bermunculan bintang terang antara lain, komit Halley ( th 11), bintang Saturnus dan Yupiter ( th 7), bintang Mesori dan bintang Serius ( th 5-2). Dan bagi Astrolog pada jaman kuno munculnya bintang cemerlang seperti itu berarti lahirnya  seorang Raja besar. Jika orang-orang majus itu berusaha mencarai Raja besar yang baru lahir hal itu merupakan hal yang luar biasa karena ternyata kelahiran Yesus Kristus Sang Raja besar sedang dinati-nantikan semua orang.

Pertanyaan penuntun.

1.       Apa yang menarik orang-orang majus dengan bintang yang dilihat mereka ?

2.       Mengapa orang-orang majus begitu semangat mencari bayi yesus yang baru lahir ?

3.       Bagaimana pandangan orang-orang Majus tentang kelahiran Yesus ketika dihubungkan dengan bintang yang mereka lihat ?

4.       Bagaimana respon orang-orang majus ketika bertemu dengan bayi Yesus ? apa yang mereka lakukan ?

5.       Pelajaran apa yang saudara petik dari peristiwa ini ?

RENUNGAN.

Orang-orang majus termasuk para astrolog yang mempelajari ilmu perbintangan. Kejadian di alam semesta ini dapat dikaitkan dengan kejadian-kejadian besar dalam sejarah umat manusia. Bintang yang mereka lihat di Timur adalah bintang yang yang bersinar sangat terang, dan bagi mereka bahwa dengan munculnya bintang tersebut merupakan pertanda lahirnya Raja besar yang berkuasa di muka bumi ini. Begitu menariknya bintang tersebut sehingga membuat para majus berlelah-lelah dari negri yang jauh mencari Raja yang baru lahir tersebut. Tujuan mereka mencari bayi Yesus adalah :

1.       Mereka mencari untuk menyembah Yesus ( ayat 2 )

Bagi mereka Raja yang baru lahir tersebut sangat istimewa, sehingga mereka harus datang mencari Nya, sampai benar-benar mendapatkanNya. Keyakinan mereka akan lahirnya Raja besar sangat kuat dan itu membulatkan tekat mereka, walaupun mungkin mereka tidak terlalu paham tentang Mesias yang di damba-dambakan semua orang. Yang pasti adalah bahwa Raja yang baru lahir tersebut menjadi harapan semua orang tentang kedamaian abadai.

2.       Mereka mencari untuk menghormati dan mempersembahkan yang terbaik bagi Sang Raja besar.

Dalam pencarian mereka salah alamat ke istana raja Herodes dan bahkan bisa saja mereka dicurigai, namun semua itu tidak menjadikannya patah semangat, mereka tetap terus mencari. Sampai pada saat yang tepat ternyata bintang yang mereka lihat di Timur terbit kembali dan berhenti tepat lurus dengan tempat dimana bayi Sang Raja ( Mesias ) dibaringkan. Hal itu membuat mereka bersukacita dan dapat menemukan Bayi yesus dengan mudah. Dalam pertemuan itulah mereka ( orang-orang majus ) menyembah Yesus dan mempersembahkan Emas, kemenyan dan mur kepada Yesus. Saat mereka menyembah Yesus mereka memahami bahwa Yesus yang baru lahir adalh Mesias. Raja besar yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat manusia termasuk oleh para majus yang berasal dari bangsa lain.

Peristiwa ini mengingatkan kita bahwa, kelahiran Yesus Sang Raja besar atau mesias sejak semula telah sampai kepada bangsa-bangsa lain ( orang-orang majus ). Dengan demikian keselamatan yang disediakan oleh Allah juga untuk semua orang. Itulah Anugerah allah yang luar basa bagi kita. Dan dengan apakah kita dapat membalasNya ?  dengan hati yang menyembah dan dengan segala hormat yang kita naikkan kepadaNya. Marilah kita seperti para majus yang tak kenal lelah untuk mencari Yesus sampai menemukanNya. Sudahkah kita mencari Tuhan Yesus dengan tak kenal lelah ? Marilah kita menyembah yesus seperti orang majus yang menyembah Yesus sebagai Raja besar. Sudahkah kita menyembah tuhan Yesus dengan segal hormat kepadaNya ? Marilah kita seperti orang majus yang mempersembahkan yang terbaik kepada Yesus. Sudahkah kita mempersembahkan yang terbaik kepada Tuhan Yesus ? jawablah dengan jujur dan benar. Amin.

“Sudahkah kita melakukan sesuatu yang terbaik buat Tuhan Yesus” ?

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«