suplemenGKI.com

Minggu, 19 Mei 2013.

18/05/2013

Bacaan : Yohanes 14 : 15-17.

Penolong yang dijanjikan.

Pengantar.
Pernahkah anda mengalami persoalan, kesulitan atau penderitaan yang sangat berat, sampai-sampai anda tidak sanggup menghadapinya. Terkadang persoalan dan kesulitan hidup datang secara tiba-tiba, dan menimpa kita sampai kita tidak berdaya. Dalam kondisi seperti itu biasanya kita mencari jalan keluar sendiri yang menurut nalar kita bisa mengatasinya, namun ternyata persoalan dan kesulitan itu bertambah berat. Jika demikian kepada siapa kita akan datang meminta pertolongan ? kepada sahabat ? kepada orang pintar atau dukun ? anda jangan salah dalam meminta pertolongan, karena ada Penolong yang dapat menolong anda, siapa Dia ? IA adalah Roh Kudus.

Pemahaman.

  1. Mengapa Tuhan Yesus mengingatkan murid-murid untuk mengasihiNya ? [ayat 15]
  2. Apa yang dijanjikan Yesus kepada murid-murid ? [ayat 16], mengapa ?
  3. Bagaimana kita dapat mengenal pribadi Sang Penolong tersebut ? [ayat 16-17]. Apa yang akan dikerjakan sang Penolog dalam kehidupan kita ?

Kasih yang dimiliki manusia memang tidak abadi atau cepat usang. Ada orang yang bisa menyatakan kasih dalam kata-kata tetapi pada waktu yang sama mereka menyebabkan rasa sakit hati terhadap orang-orang yang katanya mereka kasihi. Bagi Yesus kasih yang sesungguhnya bukanlah perkara yang mudah. Hal itu hanya dapat ditunjukkan dalam kepatuhan yang sungguh-sungguh, jangan sampai kasih itu luntur menjadi sentimen ,emosi dan benci. Untuk itulah Tuhan Yesus mengingatkan murid-muridnya untuk dapat mengasihi karena dengan kasih itulah mereka akan dapat menjalankan perintahNya. Walaupun perintahNya itu sulit dan berat, kalau mereka penuh kasih maka mereka akan dapat dan sanggup menjalankan perintahNya.

Tuhan Yesus juga tidak akan membiarkan mereka [kita] bergumul dan berjuang sendirian. Dia akan mengirimkan seorang Penolong yang lain [Parakletos/ Roh Kudus]. Dialah yang akan memimpin mereka [kita] tentang apa yang harus kita lakukan dan memampukan kita untuk melakukannya. IA akan menyertai kamu untuk selamanya. Kita bisa membayangkan bahwa saat ini kita banyak menghadapi persoalan dan kesulitan hidup yang sangatĀ  kompleks,yang membuat kita mudah marah, stress karena kita tidak sanggup menanggung persoalan tersebut. Jika demikian kita juga tidak akan sanggup menjalankan tugas-tugas pelayanan [pekerjaan Tuhan]. Disaat seperti itu kita harus sadar bahwa Roh Kudus akan menyertai kita, memberi kekuatan dan kesanggupan dan jalan keluar dari setiap persoalan yang menimpa kita, bahkan Roh Kudus akan memberi jalan keluar dari persoalan itu. Sebab Roh Kudus menyertai kamu dan tinggal didalam kamu. Ia menjaga iman kita sebab Ia ada didalam hati kita. Semakin sering kita menyapa Roh Kudus dan meminta pertolonganNya maka kita akan semakin mengenalNya sebagai Pribadi yang setia melindungi kita dan memberi pertolongan kepada kita. Oleh sebab itu jangan sampai lupakan Roh kudus, jalinlah komunikasi dalam persekutuan yang erat denganNya karena Dia akan memperlengkapi hidup saudara dengan segala kemampuan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan Tuhan. Selamat hari Pentakosta, Roh Kudus tercurah dalam kehidupan anda.

Refleksi.
Pejamkanlah mata anda, ambillah saat hening, mintalah Allah Roh Kudus mengalir dalam pikiran dan hatimu. Lalu renungkanlah, apakah dalam menghadapi persoalan hidup anda meminta pertolongan Roh Kudus ? apakah secara khusus anda sudah mengenal Pribadi Roh Kudus ? apakah anda menjalin persekutuan dengan Roh Kudus ? mintalah Roh Kudus memimpin hidup saudara mulai sekarang.

Tekadku.
Ya Allah Roh Kudus tolonglah saya dalam menghadapi setiap persoalan dan kesulitan agar Engkau selalu bersama dengan saya.

Tindakanku.
MulaiĀ  hari ini saya akan memohon Allah Roh Kudus memimpin saya, sehingga saya dapat menghadapi setiap persoalan kehidupan ini, dan saya akan selalu mengandalkan Allah Roh Kudus dalam menjalankan pekerjaan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»