suplemenGKI.com

Bacaan : Lukas 8 : 31-39.

Thema : Satu Jiwa sangat berharga dimata Tuhan”

 

PENGANTAR.
Beberapa tahun yang lalu pihak kepolisian menangkap sindikat perdagangan anak. Dan dalam wawancara di salah satu stasiun TV swasta menjelaskan berapa ia membayar harga per anak. Secara umum per anak di beli dengan harga sekitar Rp. 200 juta sampai Rp. 400 juta. Apakah sedemikian murah harga manusia ? sehingga bisa diperdagangkan ? oh tentu tidak. Sesungguhnya manusia sangatlah berharga di mata Tuhan. Dan untuk itulah maka Tuhan Yesus rela mati di atas kayu salib untuk menebus dosa umat manusia.

PEMAHAMAN.

  1. Mengapa Tuhan Yesus menyelamatkan nyawa satu orang yang kerasukan setan ? ( ayat 31-33). Seberapa berharga nyawa satu orang dimata Tuhan ?
  2. Bagaimana respon orang yang diselamatkan oleh Tuhan Yesus ?

Mungkin kita bertanya dalam hati, apa sih istimewanya satu orang yang kerasukan setan-setan sehingga Tuhan Yesus bersusah payah untuk menyelamatkannya ? Tuhan Yesus selalu memandang bahwa satu jiwa itu sangat berharga dimataNya. Tuhan Yesus juga memandang bahwa setiap orang juga sama berharganya. Untuk itulah maka Tuhan Yesus rela menyelamatkan satu orang yang kerasukan setan. Ia tidak ingin hidup seseorang dimiliki oleh setan dan binasa. Ia ingin membebaskannya dan menjadikannya sebagai milikNya.  Jika kita perhatikan dengan seksama, sebelum Tuhan Yesus mengusir setan-setan tersebut, setan-setan itu meminta kepada Tuhan Yesus agar setan-setan itu diperkenankan memasuki kawanan babi-babi yang sedang mencari makan.

Menurut beberapa penafsir jumlah kawanan babi itu sebesar 3000 ekor. Dan ternyata Tuhan Yesus memperkenankan, sehingga ketika setan-setan tersebut keluar dari dalam orang Gerasa dan masuk ke kawanan babi-babi tersebut sehingga kawanan babi tersebut terjun ke tepi jurang didalam danau. Dapatkah kita membandingkan nilai kawanan babi dengan jiwa manusia yang baka ? jikalau babi-babi itu harus dikorbankan demi keselamatan jiwa orang ini dan itu merupakan satu-satunya jalan, mengapa tidak ? karena bagi Tuhan Yesus keselamatan satu jiwa sangatlah penting dan berharga.

Merasa bahwa dirinya dikasihi Tuhan Yesus, orang yang baru sembuh tersebut ingin mengikuti Tuhan Yesus untuk seterusnya, tetapi Tuhan Yesus menyuruh dia pulang. Mengapa demikian ? jawabnya adalah Kesaksian Kristen. Ia disuruh pulang untuk menceritakan bagaimana Tuhan Yesus telah melakukan penyelamatan terhadap jiwanya. Ia harus bersaksi di kampung halamannya. Bukankah hal itu akan lebih gampang diterima oleh orang-orang di kampungnya. Kekristenan seharusnya seperti itu. Jikalau kita adalah satu-satunya orang Kristen yang ada di kantor, pabrik, lingkungan, maka seharusnya kita dapat menjadi saksi bagi orang-orang yang ada di lingkungan kita. Bersediakah kita ?

REFLEKSI.
Renungkanlah : sadarkah saudara bahwa saudara berharga di mata Tuhan ? orang lain juga berharga dimata Tuhan ?

TEKADKU.
Ya Tuhan, saya sungguh berterima kasih karena saya berharga dimata Tuhan.

TINDAKANKU.
Setiap orang berharga di mata Tuhan maka saya harus menyelamatkan nyawa seseorang dari kebinasaan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«