suplemenGKI.com

MATIUS 5:38-48

BELAJAR MENGAMPUNI

 

Pengantar

Siapa yang ingin diperlakukan semena-mena? Siapa yang mau diinjak-injak orang lain? Siapa yang mau dihina? Siapa yang mau dipandang rendah? Jawabannya: tidak ada. Semua orang ingin dihargai. Semua orang ingin dihormati. Semua orang ingin dicintai. Namun apa yang harus dilakukan jika kita diperlakukan secara tidak adil? Disakiti dan dibenci?

Pemahaman

Ayat 38-42           Apa yang Yesus ajarkan tentang menghadapi perlakuan semena-mena dari orang lain?

Ayat 43-48           Bagaimanakah kasih yang sejati dan konkrit menurut Yesus?

Dalam teks bacaan Yesus menyampaikan pengajaran tentang sikap yang harus dibangun ketika setiap orang diperlakukan semena-mena. Yesus mengajarkan kepada setiap orang untuk hidup dalam kerendahan hati. Meski disakiti dan dibenci, Yesus menghendaki umat untuk selalu hidup dalam kerendahan hati (ayat 38-42). Disisi lain, Yesus juga mengajarkan setiap orang agar hidup saling mengasihi. Jika ada yang menyakiti maka umat diajar untuk bersedia mengampuni. Kesediaan mengampuni merupakan bentuk kasih yang konkrit kepada sesama (ayat 43-48)

Memiliki kerendahan hati merupakan hal yang tidak mudah, apalagi jika kita disakiti. Keinginan untuk membalas muncul dalam hati. Mengampuni mereka yang menyakiti kita juga bukanlah sesuatu yang mudah. Kita sulit menerima mereka yang telah menyakiti. Kita punya kecenderungan untuk menolak dan tidak bersedia mengampuni. Namun bacaan hari ini mengajarkan hal-hal berharga yakni selalu rendah hati dan bersedia mengampuni. Ternyata kedua hal itu dapat membawa kita pada kesempurnaan yang dikehendaki Allah.

Refleksi

Sudahkah aku memiliki kerendahan hati? Sudahkah aku membuang segala amarah dan kebencian dalam diriku? Sudahkah aku belajar mengampuni?

Tekadku

Ya Allah, tolonglah aku untuk memiliki kerendahan hati. Tolonglah aku memiliki hati yang bersedia untuk mengampuni

Tindakanku

Berdoa untuk selalu memiliki kerendahan hati. Berdoa agar selalu diberi hati yang mengasihi dan mau mengampuni.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«