suplemenGKI.com

Bacaan : Markus 10 : 35 – 45.

 Thema : MEMINUM CAWAN YANG DIMINUM YESUS.

PENGANTAR.
Tidak semua orang dapat melihat bahwa dibalik penderitaan itu ada pelajaran berharga. Bahkan murid-murid Yesus pun  tidak mengerti  akan makna penderitaan. Permintaan Yakobus dan Yohanes yang  menginginkan duduk  dalam kemuliaan setidaknya mewakii kebanyakan orang yang enggan menempuh jalan sulit atau penderitaan. Yakobus dan Yohanes mewakili kebanyakan orang yang sulit melihat bahwa kemesiasan yang diemban Yesus adalah Mesias yang menderita.

PEMAHAMAN.

  1. Apa permintaanYakobus dan Yohanes ? ( ayat 35 – 37)
  2. Bagaimana jawaban Yesus ? ( ayat 38-45 )
  3. Apa makna dari jawaban Yesus ?

Permintaan Yakobus dan Yohanes adalah sederhana, yaitu supaya mereka diperkenankan duduk dalam kemuliaan Yesus, yang satu disebelah kanan dan yang satu di sebelah kiri. Mereka berangan-angan bahwa kelak Yesus akan tampil sebagai Mesias secara politik yang menaklukkan musuh-musuh Israel dan memulihkan kejayaan Israel seperti pada zaman Daud dan Salomo. Mungkin Yakobus dan Yohanes tidak memahami yang mereka minta. Namun Tuhan Yesus tidak mau murid-muridNya jatuh kedalam pemahaman sempit tentang jalan kemuliaan itu. Jawaban Tuhan Yesus akan membuka mata hati kedua murid tersebut sehingga mata hati mereka terbuka.

Jawaban pertama : kamu tidak tahu apa yang kamu minta, dapatkah kamu meminum cawan yang harus kuminum ? ( ayat 38 ). Meminum cawan yang diminum Yesus berarti bersedia mengalami penderitaan, kesengsaraan dan kematian Kristus. Kiasan tersebut  tidak dipahami oleh Yakobus dan Yohanes, dua murid yang meminta duduk dalam kemuliaan kelak. Bersediakah mereka menderita bagi Yesus ? tentu saja mereka menjawab : bersedia, walaupun didalam ketidakmengertian.

Jawaban kedua : Barangsiapa ingin menjadi besar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayan ( ayat 43-44 ).  Disini Tuhan Yesus menekankan hal melayani. Bukan prestasi melainkan presentasi. Bagi Tuhan prestasi atau pencapaian bukan ukuran baik atau tidak sebagai murid Yesus. Yang dikehendaki Tuhan adalah kesetiaan dan ketaatan didalam melayani. Dimana didalamnya sering ada pengorbanan dan penderitaan. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan. Apakah saudara bersedia menderita bagi Tuhan Yesus Kristus ? apakah saudara sudah setia dan taat dalam melayani Tuhan ?

TEKADKU.
Ya Tuhan tolonglah saya supaya tidak takut menderita karena Tuhan dan tolonglah saya supaya setia melayani Tuhan.

TINDAKANKU.
Mulai hari ini saya harus setia melayani Tuhan walaupun harus berkorban dan menderita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«