suplemenGKI.com

Markus 13:1-8.

 

“Sikap yang benar menyambut akhir zaman”

Pengantar:

Manusia selalu kagum terhadap sesuatu yang dirasa spektakuler. Kekaguman terhadap sesuatu itu baik dan wajar, karena itu merupakan bentuk penghargaan terhadap suatu karya.  Markus 13:1-8, mencatat bahwa ketika seorang murid Yesus melihat kemegahan Bait Allah, ia menjadi sangat kagum. Tetapi mengapa ketika seorang murid itu begitu kagum melihat Bait Allah, Yesus justru berkata bahwa Bait Allah itu akan hancur?

Pemahaman:

  1. Apa hubungan kekaguman murid-2 terhadap Bait Allah dengan respon Yesus? (v. 1-2)
  2. Apa yang Yesus kehendaki dari murid-2 dalam menghadapi akhir zaman? (v. 5-8)

Pada saat itu memang belum banyak bangunan yang megah-megah seperti sekarang ini. Bait Allah adalah salah satu bangunan yang boleh dikatakan megah saat itu, maka tidak heran kalau murid-murid menjadi sangat kagum melihatnya. Tetapi di sisi lain kekaguman itu bisa jadi merupakan ekspresi sikap superioritas dan fanatisme yang berlebihan terhadap Bait Allah yang merupakan simbol keagamaan orang Yahudi. Sikap superioritas dan fanatisme keagamaan orang Yahudi itulah yang kemudian menggiring mereka pada pemahaman bahwa  agama Yahudilah yang paling benar yang lain salah (lihat saja sikap-sikap para pemimpin agama Yahudi yang selalu menolak Yesus dan ajaran-Nya) Itu sebabnya respon Yesus selain merupakan suatu nubuatan, karena kemudian nubuatan Yesus itu tergenapi pada tahun 70 M, di mana Bait Allah benar-benar hancur oleh Nebukadnezar. Tetapi respon Yesus juga adalah kritikan atas sikap superioritas dan fanatisme keagamaan orang Yahudi yang selalu menganggap diri paling benar dan paling sempurna dengan segala ritual keagamaannya. Itu sebabnya Yesus mengajar murid-murid-Nya, bahwa di akhir zaman ini sikap superioritas dan fanatisme agama bukanlah  sikap yang benar, sikap yang benar adalah: 1) Hidup dalam waspada, artinya memiliki dasar iman yang benar yaitu pengenalan yang benar akan Kristus, sehingga ketika ada penyesat-penyesat yang muncul dengan memakai nama Yesus mereka bisa membedakannya. 2) Tidak menjadi bingung dan gelisah ketika terjadi peperangan maupun fenomena-fenomena alam yang mengerikan (v. 7) Yesus kata bahwa semua itu belumlah kesudahan zaman (v. 7) Jadi tetap tenang, tingkatkan iman yang bertumbuh  dengan terus berpegang pada kebenaran yang telah diajarkan oleh Yesus.

Refleksi:
Mari merenung sejenak. Bagaimanakah sikap saudara menghadapi segala fenomena alam maupun kekerasan politik yang muncul di akhir zaman ini? Apakah saudara sudah hidup dalam kewaspadaan dan meningkatkan iman dalam pengenalan akan Yesus?

Tekadku:
Tuhan, saya bersyukur telah berkesempatan mengenal kebenaran firman-Mu, saya bertekad untuk lebih lagi mengenal Engkau melalui kesetiaan, ketaatan dan kesukaan merenungkan firman-Mu.

Tindakkanku:
Saya akan semakin setia dan rajin lagi mempelajari Alkitab baik secara pribadi, melalui Pemahaman Alkitab sektor maupun melalui mendengar khotbah setiap minggu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*