suplemenGKI.com

Yohanes 12:20-33

HADIR UNTUK MEMPERMULIAKAN KRISTUS MELALUI SIKAP HIDUP

 

Pengantar
Pernahkah kita bertanya untuk apakah kita dihadirkan kedalam dunia? Apa tujuannya? Apa maksudnya? Pertanyaan semacam ini seharusnya selalu muncul dalam diri setiap orang. Mengapa? Pertanyaan ini akan menolong umat untuk memahami dan menghayati makna kehadirannya ditengah-tengah kehidupan.

Pemahaman

Ayat 20-22           Siapakah yang ingin menjumpai Yesus?

Ayat 23-33           Apa maksud ucapan Yesus kepada Filipus dan Andreas?

Beberapa orang Yunani datang kepada murid-murid untuk menyampaikan keinginan berjumpa dengan Yesus (ay.20-22). Para murid menyampaikan keinginan orang-orang Yunani kepada Yesus. Namun Yesus justru memberikan tanggapan yang berbeda. Yesus justru menyampaikan bahwa DIA akan segera dimuliakan (ayat 23). Pernyataan ini menimbulkan tanda tanya bagi murid-murid-Nya. Apalagi disaat yang bersamaan Yesus juga menyampaikan perumpamaan tentang biji gandum (ay.24) dan bicara tentang mencintai nyawa dan mengikut Yesus (ay.25-26). Namun pada akhirnya para murid memahami bahwa Yesus sedang menunjuk pada penderitaan dan kematian-Nya (bnd.ay.33). Menderita, mati dan dibangkitkan merupakan misi Yesus datang ke dunia. Misi inilah yang telah ditetapkan dan diemban Yesus sejak semula dengan tujuan untuk menebus dosa manusia.

Jika misi Yesus datang kedunia untuk menyelamatkan umat manusia. Lalu apakah misi kita umat yang telah diselamatkan-Nya?  Jawaban atas pertanyaan itu terdapat pada ayat ke-26. Yesus menghendaki umat untuk mengikut DIA dan melayani DIA. Tentu yang dimaksudkan adalah agar umat memaknai kehadiran mereka ditengah-tengah dunia ini. Umat diselamatkan oleh Kristus bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk orang lain. Yesus menghendaki setiap orang memberi diri melayani sesama. Sebab melayani sesama merupakan perbuatan yang melayani Allah.

Refleksi
Sudahkah aku hidup dalam keselamatan yang dianugerahkan Tuhan kepadaku? Sudahkah saya menyatakan keselamatan dari Kristus kepada sesama?

Tekadku
Ya Allah, mampukan aku untuk selalu bersyukur atas keselamatan yang telah Engkau anugerahkan. Mampukan aku untuk memberitakan dan menyatakan keselamatan yang dari pada-Mu kepada sesama disekitarku

Tindakanku
Melakukan dan menyatakan kebenaran dimanapun berada

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«