suplemenGKI.com

Panggilan untuk Mengikut Yesus

Yohanes 1:43-51

Pengantar

Perikop kita hari ini merupakan bagian dari perikop sebelumnya. Sebab kedua bagian ini pada dasarnya merupakan satu kesatuan kisah, di mana Kristus memanggil para murid-Nya. Dari kisah ini kita akan belajar hakekat panggilan Kristus dalam hidup ini.

Pemahaman

Ayat 43-45           : Hal apa yang membuat Filipus bercerita tentang Kristus
kepada Natanael?

Ayat 47-51           : Mengapa Natanael begitu terheran-heran dengan pernyataan
Kristus? Apakah yang membuat Natanael akhirnya percaya
bahwa Kristus adalah Allah?

Penjelasan bahwa Filipus berasal dari Betsaida, satu kota dengan Andreas dan Simon Petrus, mengindikasikan bahwa pertemuan Kristus dengan Filipus kali ini bukanlah pertemuan pertama mereka. Dengan kata lain, Filipus sudah cukup mengenal siapa Kristus yang memanggilnya itu. meski kita tidak mengetahui secara rinci sedalam apa pengenalan Filipus kepada Kristus, namun kita dapat memperoleh gambaran dari kalimat kesaksian Filipus kepada Natanael, “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret”. Seandainya Filipus tidak cukup mengenal siapa Kristus, tentunya ia tidak dapat mengutarakan kalimat teologis semacam itu.

Nampaknya pengenalan personal akan Kristus itu bagaikan seseorang yang baru mengetahui tempat makan yang sangat nikmat sehingga tidak tahan untuk tidak menceritakan tempat makan tersebut kepada temannya. Demikianlah halnya yang terjadi dengan Filipus. Ia bercerita kepada Natanael. Namun Natanael menjadi ragu begitu mendengar Kristus berasal dari Nazaret.

Kristus memahami keraguan Natanael serta membereskannya dengan suatu tindakan yang mencerminkan keilahian-Nya, yaitu kemahatahuan-Nya. “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.” Dalam pernyataan ini ada dua hal yang mengindikasikan kemahatahuan Kristus, yaitu: [a] Kristus mengetahui isi percakapan antara Filipus dan Natanael; [b] Kristus mengetahui apa yang sedang dikerjakan Natanael.

Refleksi

Pengenalan personal terhadap pribadi Kristus, baik pada diri Filipus maupun Natanael, menghasilkan kerelaan untuk mengakui kedaulatan Kristus serta mengikut Dia.

Tekad

Doa: Tuhan, tolonglah saya agar dari hari ke hari dapat semakin mengenal-Mu dengan lebih mendalam lagi, sehingga tak ada keraguan sedikitpun untuk mengikut Engkau. Amin.

Tindakan

Dalam seminggu ke depan, saya akan merenungkan Firman Tuhan selama paling sedikit 30 menit setiap hari agar dapat lebih mengenal Allah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«