suplemenGKI.com

Tanda-tanda Kesudahan Jaman

 

Bacaan Lukas 21:5-19

 

Pengantar
Manusia terbiasa dengan mengagumi apa yang dilihatnya dan dirasakannya itu adalah hal yang hebat dan luar biasa. Bahkan banyak orang dengan mudahnya menceritakan betapa hebatnya bangunan/tempat tersebut kepada orang lain, terutama yang belum pernah melihatnya. Maka bagi orang-orang yang melihat kehebatan bangunan Bait Allah di Yerusalem, mereka tak henti-hentinya mengagumi bangunan tersebut. Bagaimana pendapat Tuhan Yesus untuk hal tersebut ?

Pemahaman
Ay 5-6, Apa yang sedang dibicarakan oleh orang banyak dan bagaimana tanggapan Tuhan Yesus?
Ay 7, Apa yang ditanyakan murid murid kepada Tuhan Yesus?
Ay 8-19, Tanda-tanda apakah yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-muridNya berkaitan dengan kesudahan jaman?

Beberapa orang berbincang-bincang tentang Bait Allah dan mereka semua mengaguminya bukan hanya sebagai bangunan yang kokoh namun mereka juga menyadari akan kehadiran Allah di BaitNya. Bahkan mereka lebih cenderung untuk mengagung-agungkan Bait Allahnya daripada Allah yang seharusnya disembah. Pada ayat 6, Yesus justru menubuatkan bahwa Bait Allah ini akan dihancurkan dan kemegahannya hanya menjadi kenangan saja.

Nubuat Yesus tentang kehancuran Bait Allah di Yerusalem ditanggapi serius oleh murid-muridNya, sehingga mereka bertanya kapan hal tersebut akan terjadi?
Tuhan Yesus tidak menjawab pertanyaan khusus kapan Bait Allah dirubuhkan?, namun Tuhan Yesus menjawab lebih luas yaitu tentang kesudahan jaman.
Tuhan Yesus memberikan tanda-tanda kesudahan jaman antara lain: banyak orang akan berusaha untuk menyesatkan banyak orang supaya tidak mengikuti Yesus, akan ada pemberontakan dan peperangan, bangsa bangkit melawan bangsa. Gempa bumi terjadi dimana-mana, kelaparan dan banyak penyakit bermunculan. Banyak orang yang akan benci dengan pengikut Kristus bahkan menyerahkannya ke penjara-penjara dan penguasa penguasa yang ada di bumi ini, bahkan ada kemungkinan keluarga saling menyerahkan anggota keluarga ke penjara.
Yesus mengingatkan bahwa waktu yang mengerikan itu akan tiba dan sebagian juga sudah terjadi, yang penting sebagai pengikut Yesus harus tetap setia dan percaya bahwa Tuhan Yesus memberikan perlindungan dan kekauatan kepada kita untuk kita dapat menghadapinya.

Refleksi
Renungkan sejenak, dan berhenti dari segala aktivitas. Sudahkah saya menyiapkan diri menyambut kesudahan jaman ini?

Tekadku
Ya, Tuhan Yesus, tanda-tanda kesudahan jaman sebenarnya sudah nampak jelas di depan kami, namun seringkali kami menganggap biasa saja dan kami tidak peka untuk hal ini. Oleh sebab itu ya Tuhan berilah kesiapan hati kami untuk menghadapinya dengan keteguhan dan kesetiaan kepadaMu

Tindakanku
Hari ini mencari 1 teman untuk menceritakan dan mengajaknya siap sedia menghadapi kesudahan jaman.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»