suplemenGKI.com

Minggu, 17 Juni 2018

16/06/2018

Bacaan : Markus 4 : 26 – 34

Tema : Kerajaan Allah hadir di tengah-tengah kehidupan kita

PENGANTAR
Mungkin diantara kita ada yang bertanya, bagaimanakah Kerajaan Allah itu hadir di tengah-tengah kehidupan kita ? apakah hal itu bertumbuh dalam dan melalui kehidupan kita ? Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin bertumbuh lewat renungan hari ini.

PEMAHAMAN

  1. Dengan apakah Tuhan Yesus menggambarkan hal Kerajaan Allah ? ( ayat 26-29 ). Bagaimana Kerajaan Allah bertumbuh ?
  2. Mengapa Tuhan Yesus menggambarkan hal Kerajaan Allah dengan biji sesawi ? ( ayat 30-34 ). Pelajaran apa yang dapat anda petik melalui perumpamaan ini ?

Kerajaan Allah adalah suasana hidup yang di kuasai oleh nilai-nilai kebenaran dan Firman Allah sehingga hidup dapat di penuhi dengan tindakan kasih yang nyata kepada Allah dan sesama. Melalui kedatangan Tuhan Yesus Kerajaan Allah menjadi nyata di dunia. Tuhan Yesus menghadirkan Kerajaan Allah itu melalui karya-Nya, melalui pengajaran, pemulihan dan penebusan hidup.

Dalam pengajaran-Nya Tuhan Yesus menggambarkan hal Kerajaan  Allah sebagai seorang penabur benih. Saat benih ditabur, sang penabur tidak mengetahui dengan seksama bagaimana benih itu tumbuh. Tetapi dengan segala upayanya sehingga apa yang ditanamnya mengalami proses pertumbuhan  menuju kedewasaan hingga menjadi buah yang dapat dipanen dan dinikmati sehingga dapat berguna. Hal yang hampir sama Kerajaan Allah digambarkan dengan biji sesawi. Benih biji sesawi yang amat kecil, ketika ditabur dapat tumbuh menjadi pohon yang besar dan rindang yang dapat memberi naungan kepada burung-burung. Penggambaran tersebut mengingatkan umat percaya bahwa dengan iman sebesar biji sesawi umat hadir di tengah-tengah kehidupan di dunia ini dapat bertumbuh dalam karunia Allah. Karunia Allah didalam Yesus Kristus memberikan pembaharuan hidup bagi umat percaya. Bagian kita adalah menanggapi dengan iman dan dengan hati yang terbuka mau diubah oleh Allah. Tuhan Allah berkuasa menumbuhkan kita sehingga kita dapat bertumbuh kepada kedewasaan iman, pengharapan dan kasih. Dengan demikian kehadiran kita di rumah, tempat kerja dan masyarakat memberikan dampak yang baik bagi orang-orang yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Saat benih Firman Allah jatuh ditanah yang baik, hati yang terbuka, yang mau dibentuk, diarahkan oleh kuasa Tuhan maka ia akan mengalami transformasi menjadi “pohon yang berbuah” yang berguna bagi sesama. Bagaimana dengan anda ?

REFLEKSI
Renungkanlah : Apakah anda sudah menghadirkan Kerajaan Allah, di rumah, di tempat kerja, dan masyarakat ?

TEKADKU
Ya Tuhan, saya menyediakan hati yang terbuka sebagai tanah yang subur untuk dibentuk oleh kuasa Allah agar saya dapat menghadirkan Kerajaan Allah.

TINDAKANKU
Saya akan menghadirkan Kasih, Damai Sejahtera di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«