suplemenGKI.com

Bacaan : 2 Korintus 5 : 11- 19.

CIPTAAN BARU.

Ketika seseorang berbuat dosa, ia tidak menyadari bahwa dosa itu telah menyeretnya ke dalam sebuah penderitaan, kesukaran, kegelapan yang tiada bertepi. Dan yang lebih menakutkan adalah manusia semakin jauh dari Tuhannya bahkan hubungannya dengan Tuhan  terputus. Kita dapat mengetahui seperti apa nasib manusia yang hubungannya dengan Tuhan terputus  pasti hidupnya tidak berpengharapan. Itulah kondisi manusia yang berdosa.

Pertanyaan penuntun.

  1. Apa yang di kerjakan Tuhan Yesus dengan persoalan dosa manusia ?
  2. Apa yang diharapkan Tuhan terhadap manusia yang sudah ditebusnya ?
  3. Seperti apa  status manusia yang sudah di tebus ?
  4. Apa yang harus di kerjakan manusia yang sudah dibaharui ?

RENUNGAN.

 Kondisi manusia yang berdosa adalah tidak berpengharapan. Mereka tidak dapat menyelamatkan diri sendiri, Jalan hidupnya menuju maut / kebinasaan . Sungguh nasib manusia berdosa sangat memprihatinkan. Untuk itulah maka Kristus rela mati diatas kayu salib untuk menebus dosa manusia. Hal itu dikerjakan oleh Kristus semata-mata karena kasihNya kepada manusia. Tuhan tidak menghendaki manusia binasa. Bukankah apa yang dilakukan Kristus adalah hal yang sangat luar biasa ? kita yang seharusnya binasa masuk neraka jahanam telah ditebusnya. dan karena kita telah ditebus oleh Kristus maka sekarang HIDUP KITA adalah MILIK KRISTUS.

Menyadari bahwa hidup kita sekarang adalah milik Kristus maka yang pertama-tama : menyadari bahwa hidup kita bukan untuk diri sendiri tetapi untuk KRISTUS. Hidup untuk Kristus berarti memberikan diri [hidup kita] dengan segala potensinya, dengan segenap hati , jiwa, kekuatan untuk melayani Kristus. Apapun yang kita lakukan semata-mata  untuk memuliakan Kristus. Yang kedua : bahwa kita adalah Ciptaan Baru. Rasul Paulus memberi penjelasan singkat, “yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” penjelasan singkat ini sangat penting dimana “yang lama” menjelaskan tentang kehidupan manusia lama yang dikuasai dosa sudah berlalu dan sudah ditebus oleh Kristus. Harus dibuang jauh-jauh dari kehidupan kita dan tidak boleh di ingat-ingat lagi.  Sedangkan  “yang baru” sudah datang. Pembaharuan yang telah terjadi itu tidak berarti bahwa orang Kristen mempunyai  pandangan yang tidak realistis tetapi dalam kehidupan Kristen yang baru telah terjadi perubahan yang besar secara status dan iman.

Secara status manusia tebusan Kristus adalah ciptaan baru, hal ini dimaksudkan agar kita mengingat kembali kepada peristiwa sejarah ketika Tuhan menciptakan manusia pertama yaitu Adam dan Hawa. Mereka diciptakan menurut gambar dan rupa Allah yang hidup dalam kesucian Allah. Demikianlah gambaran tentang manusia ciptaan baru diidentikkan dengan Adam dan Hawa sebelum jatuh kedalam dosa. Oleh sebab itu kita sebagai ciptaan baru harus menyadiri bahwa kita adalah ciptaan baru yang memiliki relasi yang baru dengan Tuhan. Kita tidak boleh sembrono dengan hidup kita sekarang. Kita harus menjaga hidup kita agar tetap suci dan murni dan memakai hidup kita hanya untuk melayani Kristus sang pemilik kehidupan kita. Bagaimana dengan saudara ? apakah saudara merasa bahwa hidup saudara sekarang adalah ciptaan baru ? bagaimana saudara memakai hidup saudara ? untuk diri sendiri atau untuk Kristus ? Amin.

 

sesungguhnya hidup kita sekarang adalah milik Kristus, IA bertakhta di hati kita”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*