suplemenGKI.com

Minggu, 16 Juni 2019

15/06/2019

Roh Kebenaran

Yohanes 16:12-15

 

Pengantar
                Bagi sebagian orang menyatakan hal kebenaran itu mudah, namun bagi sebagian orang untuk menyatakan hal kebenaran itu sulit. Mengapa demikian? Bagi orang-orang yang dilahirkan dekat dengan orang-orang yang terbiasa berkata jujur dan benar maka orang tersebut akan biasa berbicara yang jujur dan benar. Namun bagi orang yang terbiasa kumpul atau bergaul dengan orang-orang yang biasa berkata dusta maka berkata-kata yang benar itu sangat sulit. Apa yang Yesus janjikan untuk orang yang percaya yang masih tinggal di dunia ini?

Pemahaman
Ay 12-13, Apa yang Yesus katakan tentang Roh Kebenaran?
Ay 14, Apa yang dilakukan oleh Roh Kebenaran tersebut?
Ay 15, Bagaimana Roh Kebenaran itu berkarya?

Pada waktu Tuhan Yesus di dunia ini, Ia tahu bahwa waktunya akan tiba berpisah dengan murid-murid-Nya. Maka Yesus ingin mengatakan kepergian-Nya itu dengan terus terang kepada mereka. Yesus pernah mengatakan bahwa Ia akan pergi ke rumah Bapa untuk menyediakan tempat bagi murid-murid-Nya. Sekalipun pada waktu itu murid-murid-Nya kurang dapat memahami apa yang Yesus katakan kepada mereka.

Yesus tahu bahwa dengan kepergian-Nya kerumah Bapa, maka hal itu akan mendukakan murid-murid-Nya dan Yesus berjanji akan memberikan Roh Penghibur, Roh Penghibur akan datang kalau Yesus sudah pergi ke Rumah Bapa.

Roh Penghibur bukan saja diberikan untuk murid-murid-Nya saja tetapi juga untuk dunia. Dunia diinsafkan akan dosa karena mereka tidak percaya pada Yesus. Dunia diingatkan akan kebenaran karena Yesus berasal dari Bapa yang di surga. Dunia juga diingatkan akan adanya penghakiman dimana tidak ada satupun orang yang dapat lolos dari penghakiman Tuhan.

Maka Roh yang akan datang itu akan mengingatkan kebenaran-kebenaran dari Tuhan, yang akan memimpin orang pada kebenaran dan Roh Kebenaran tersebut akan memberitahukan hal-hal yang akan datang.

Roh Kebenaran itu akan selalu memuliakan Yesus, sebab Roh Kebenaran memberitahukan kepada kita tentang hal-hal yang diterima dari Yesus.

Roh Kebenaran akan menuntun orang-orang yang percaya hidup dalam kebenaran Allah, Roh Kebenaran memberitahukan apa yang menjadi isi hati Tuhan kepada kita. Maka seharusnya kita memberi waktu yang luang untuk Roh Kebenaran menunjukkan jalan bagi hidup kita

Refleksi
Ambil waktu untuk merenungkan: Seberapa banyak kita memberi kesempatan kepada Roh Kebenaran untuk berbicara (atau mengingatkan) secara pribadi kepada kita, untuk menuntun hidup kita?

Tekadku
Ya, Tuhan, kami terlalu sibuk dengan diri kami dan urusan kami sendiri. Hampir tidak pernah kami mau mendengar apa yang ingin Engkau sampaikan kepada kami. Ampuni dan perbaharuilah hidup kami ya Tuhan.

Tindakanku
Mengambil waktu yang tenang untuk Tuhan yang mau mengingatkan apa yang harus kita kerjakan di dunia ini atau hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«