suplemenGKI.com

Lukas 8:1-3.

 

Melayani Karena Bersyukur Walau Hanya Di Belakang Layar

 

Pengantar:
            Seseorang bisa meraih suatu kesuksesan tentu bukan semata karena kehebatannya sendiri, melainkan pasti ada peranserta pihak-pihak lain di balik kesuksesannya. Misalnya seorang suami bisa meraih kesuksesan dalam bisnis, pekerjaan atau kariernya tentu tidak terlepas dari peran istri yang mendukungnya sekalipun tidak nampak di depan umum. Mendukung dengan tidak perlu menonjolkan diri biasa disebut pemeran di belakang layar. Dalam misi pelayanan Yesus ada banyak pribadi yang tidak tampak menonjol, tetapi telah berperan dalam menunjang pelayanan Yesus, siapakah mereka itu? 

Pemahaman:

  1. Siapakah para perempuan yang selalu melayani rombongan Tuhan dan murid-Nya itu?
  2. Apa yang mereka lakukan untuk mendukung pelayanan Yesus dan rombongan?
  3. Mengapa mereka melakukan pelayanan itu bagi Tuhan Yesus dan rombongan?

Di ayat 2 ada keterangan tentang para perempuan itu, sebagian mereka adalah orang-orang yang telah disebuhkan oleh Tuhan Yesus dari kerasukan roh-roh jahat dan berbagai penyakit. Mungkin tidak semua mereka adalah orang yang sakit kerasukan atau sakit fisik lainnya, barangkali ada juga mereka yang menderita sakit  batinnya karena dosa-2 yg telah mereka perbuat kemudian diampuni oleh Yesus. Mereka yang tadinya menderita, terbelenggu dan merasa tidak berharga di mata umum karena keberdosaannya kini menjadi orang-2 yang dibebaskan, dimerdekakan dan diampuni oleh kasih Tuhan Yesus. Mereka yang tadinya dianggap tidak layak tetapi karena anugerah Kristus kini merasa hidupnya  menjadikan berharga, berarti dan bermakna kembali.

            Anugerah pengampunan dan pemulihan hidup yang dialami dari kasih Kristus itu telah mendorong mereka untuk memberi diri dan apa yang ada padanya untuk mendukung pekerjaan pelayanan Yesus, bukan karena Yesus membutuhkan tetapi apa yang mereka lakukan itu benar-benar keluar dari hati yang bersyukur kerana telah mengalami kasih Tuhan Yesus. Bahkan dikatakan mereka melayani rombongan Yesus dan murid-murid-Nya dengan harta mereka. Rupanya orang-orang yang mengerti anugerah Tuhan Yesus dalam hidupnya tidak akan tinggal diam melihat pekerjaan/pelayanan Tuhan Yesus, dia pasti akan mengambil bagian sekuat tenaganya walaupun hanya di belakang layar/tidak menonjol, karena baginya mendukung pelayanan adalah wujud ungkapan syukurnya atas kasih Yesus dalam hidupnya.

Refleksi:
Renungkan, seberapa besar Anugerah Tuhan Yesus yg telah saudara terima dalam hidup saudara?  Apa yang saudara berikan buat Tuhan sebagai ungkapan syukur atas anugerah-Nya itu!

Tekadku:
Tuhan, tolonglah agar aku berani menyediakan hidup seutuhnya dan apa yg bisa kuberikan untuk mendukung pelayan kasih baik bagi gerejaku maupun bagi sesama. 

Tindakanku:
Mulai sekarang, aku belajar untuk tidak menolak bila dipanggil untuk melayani pekerjaan Tuhan baik di gereja maupun bagi sesama, walaupun hanya dalam peran yang sederhana.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«