suplemenGKI.com

Mempersiapkan Diri

Bacaan 2 Petrus 3:1-18

 

Pengantar
Setiap orang yang akan berlaga di bidang apapun juga biasanya akan mempersiapkan diri dengan baik.Apalagi kalau dalam laga tersebut orang itu diharapkan untuk menang atau menjadi juara pasti ia akan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.Tujuan dari mempersiapkan diri sebelum laga adalah hasil yang maksimal atau mampu meraih tropy atau kemenangan. Dalam mempersiapkan diri seseorang pasti akan mengorbankan baik waktu,pikiran, tenaga bahkan materi. Bagaimana nasihat rasul Petrus, untuk menghadapi akhir zaman?

Pemahaman

Ay 1-3 Apa yang diingatkan rasul Petrus tentang akhir zaman?

Ay 4-6, Apa tanggapan dunia tentang akhir zaman tersebut?

Ay 7-10, Gambaran apakah yang diberikan rasul Petrus tentang akhir zaman?

Ay 11-13, Apa yang akan terjadi pada dunia ini pada waktu akhir zaman?

Ay 14-18, Hal apakah yang harus diingat dan dipersiapkan menjelang akhir zaman?

Rasul Petrus mengingatkan jemaatnya yang ada di perantauan supaya ingatakan perkataan nabi-nabi dan perintah Tuhan Yesus yang telah disampaikan melalui rasul-rasulNya, yaitu tentang hal-hal yang berkaitan dengan akhir zaman. Rasul Petrus menasihati bahwa pada hari-hari akhir zaman banyak orang yang akan mencela orang yang percaya dan banyak orang yang hidup hanya menuruti hawa nafsu saja. Orang-orang yang tidak mempercayai akhir zaman akan berkata: ”Dimanakah janji tentang kedatangan-Nya? Sebab dari dulu sampai sekarang keadaanya juga tetap sama.” Dari antara mereka juga ada yang mengenal firman Allah namun mengabaikannya karena menuruti hawa nafsunya.

Petrus juga mengingatkan mereka bahwa dihadapan Tuhan satu hari sama dengan seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari, mengartikan bahwa Allah bekerja tidak bisa dibatasi dengan waktu, dan Allah bekerja tidak tergesa-gesa.

Petrus menggambarkan akhir zaman atau hari Tuhan sama seperti pencuri, yang datangnya tiba-tiba, oleh sebab itu jemaat diharapkan untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga kedapatan tak bercacat dan tak bercela di hadapan Tuhan. Petrus juga menasihati agar jemaat jangan lalai mempersiapkan diri dengan baik,kalaupun akhir zaman belum tiba,itu berarti kesempatan jemaat untuk dalam pertobatan. Jemaat juga tidak perlu menunggu-nunggu kapan hari Tuhan itu muncul namun Petrus menasihati untuk jemaat dapat bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan Yesus.

Refleksi
Ambil waktu dan renungkan: Sudahkan saya mempersiapkan diri untuk menghadap Tuhan? Apa yang sudah saya lakukan untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah Tuhan berikan kepada saya?

Tekad
Ya Tuhan, ampuni kami kalau kami tidak pernah memikirkan tentang akhir zaman apalagi mempersiapkannya, berikan  kepada kami hati untuk memulai menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Tindakanku
Hari ini saya akan mengingat bahwa hari Tuhan datangnya tiba-tiba maka saya akan terus berjaga-jaga dengan hidup yang berkenan kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»