suplemenGKI.com

Mazmur 23:1-6

YANG TERBAIK DARI ALLAH

PENGANTAR
Mazmur 23 adalah salah satu mazmur yang sangat populer. Mengapa demikian? Isi mazmur ini menggambarkan hubungan yang sangat indah antara Tuhan sebagai gembala dan kita sebagai domba-dombanya. Pemazmur menggunakan gambaran yang sangat jelas (khususnya, padang yang berumput hijau dan air yang tenang), selain memudahkan kita memahami isinya juga menanamkan kesan yang kuat di dalam ingatan kita. Secara bertahap pemazmur melukiskan keindahan hubungan Tuhan dengan umat-Nya. Dimulai dari pemenuhan kebutuhan fisik yang bersifat sementara, hubungan itu berpuncak pada hubungan spiritual yang akrab dan bersifat kekal.

PEMAHAMAN

  • Ayat 1-5. Kebutuhan-kebutuhan apa sajakah yang diberikan oleh sang gembala kepada sang domba? Dalam kehidupan Anda sendiri, apakah Tuhan juga memberikan kebutuhan-kebutuhan tersebut bagi Anda?
  • Ayat 6. Ayat ini memuat kesimpulan pemazmur dalam hubungannya dengan Tuhan yang telah mencukupkan semua kebutuhannya. Sebutkanlah minimal dua hal penting yang terkandung dalam kesimpulannya itu.

Pemazmur menggambarkan kebaikan Tuhan seperti seorang gembala yang memenuhi berbagai macam kebutuhannya, yaitu memenuhi kebutuhannya secara fisik (ay. 1-2), memberi hikmat, membimbing, dan menolongnya melewati masa-masa sukar (ay. 3-4), menyelamatkannya dari orang-orang yang memusuhinya dan menolongnya menghadapi mereka (ay. 5). Kita tentu juga akan sangat bersyukur jika mengalami semua bentuk kebaikan Tuhan itu. Namun, pernahkah kita memikirkan apa maksud Tuhan memberikan semua itu kepada kita? Apa yang hendak Tuhan tunjukkan kepada kita?

Pemazmur merenungkan pertanyaan tersebut dan menemukan jawabannya. Bagi pemazmur, semua yang diterimanya dari Tuhan itu adalah bukti bahwa kebaikan dan kemurahan Tuhan memang tidak pernah berhenti menyertainya, seumur hidupnya (ay. 6a). Kesadaran akan penyertaan Tuhan yang baik dan murah hati ini lebih penting daripada semua bentuk berkat jasmani itu sendiri. Jika kita menyadari bahwa Tuhan selalu menyertai kita, maka kita akan mampu menghadapi segala tantangan dan kesulitan kita dengan tabah dan dengan cara yang benar.

Ada satu lagi hal penting yang ditemukan pemazmur. Penyertaan Tuhan ternyata tidak hanya berlangsung seumur hidupnya, melainkan terus berlangsung hingga kekekalan (“sepanjang masa”). Bersamaan dengan ini, pemazmur juga menemukan hal yang terbaik yang bisa dialaminya: menikmati persekutuan dengan Tuhan.

REFLEKSI
Apakah hal terbaik yang pernah Anda terima dari Tuhan? Apa dampaknya bagi hidup Anda?

TEKADKU
Ya, Tuhan, aku bersyukur atas kasih setia-Mu menyertai aku. Aku akan menghadapi tantangan kesulitan hidupku bersama-Mu.

TINDAKANKU
Aku akan menceritakan pengalaman yang indah ketika merasakan persekutuan/ hubungan yang akrab dengan Tuhan, minimal kepada dua orang yang aku temui dalam seminggu ini.


Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*