suplemenGKI.com

Markus 13:1-8

TETAPLAH WASPADA!

PENGANTAR

Beberapa tahun yang lalu, untuk pertama kalinya, sebuah televisi ukuran besar digunakan sebagai media iklan dan dipasang di ruas sebuah jalan protokol di kota Surabaya. Hampir semua pengemudi kendaraan bermotor yang melintasi jalan itu merasa takjub dengan besarnya ukuran layar televisi itu. Akibatnya, tidak sedikit di antara mereka yang kehilangan kewaspadaan mereka dan beberapa di antaranya mengalami kecelakaan lalu lintas.Rasa takjub yang berlebihan terhadap sesuatu yang menyita perhatian kita memang dapat membuat kita kehilangan kewaspadaan kita. Hal ini juga dapat terjadi dalam konteks kehidupan spiritual kita.

PEMAHAMAN

Ay. 1-2          Apa yang dilihat para murid sehingga mereka sangat kagum terhadap bangunan Bait Allah? Bagaimana Yesus menanggapi kekaguman mereka?

Ay. 3-4          Bagaimana reaksi para murid setelah mendengar nubuat Yesus mengenai kehancuran Bait Allah? Hal apa yang mereka tanyakan kepada Yesus dan mengapa mereka bertanya demikian?

Ay. 5-8          Peringatan apakah yang Yesus berikan kepada para murid-Nya? Apakah peringatan tersebut masih relevan/ cocok untuk orang-orang Kristen masa kini?

Bangunan Bait Allah yang ditunjuk oleh para murid Yesus dibangun oleh Herodes sejak tahun 20-19 BC dan pada waktu itu masih belum sepenuhnya selesai. Menurut Yosefus, seorang ahli sejarah bangsa Yahudi, batu-batu yang digunakan untuk membangun pondasi dan tembok Bait Allah ini berukuran sangat besar; setiap batu panjangnya bisa mencapai 12 meter, tingginya lebih dari 3,5 meter dan lebarnya hampir 5,5 meter. Batu-batu berukuran raksasa inilah yang menimbulkan kekaguman para murid. Namun, Yesus justru mengingatkan para murid agar tidak terlalu kagum terhadap apa yang mereka lihat. Yesus justru menubuatkan bahwa bangunan yang megah dan kokoh itu akan hancur, dan batu-batu raksasa itu akan berserakan.

Para murid yang mendengar nubuat Yesus tahu bahwa apabila Bait Allah hancur maka mereka akan mengalami masa-masa sukar. Karena itulah mereka bertanya kepada Yesus, kapan waktunya akan tiba dan apa tandanya. Tentu saja, mereka akan lebih mudah mempersiapkan diri apabila mereka tahu waktunya atau tahu tanda-tanda yang akan mendahuluinya. Namun, Yesus menegaskan bahwa tanda yang jelas menjelang terjadinya masa sukar itu. Yesus justru memperingatkan para murid-Nya agar selalu waspada karena akan ada banyak orang yang justru memberi kabar yang menyesatkan mengenai hal tersebut.

Peringatan Yesus kepada para murid-Nya masih relevan untuk orang-orang Kristen masa kini. Daripada takjub oleh tanda-tanda dan ramalan yang bersifat spekulatif, lebih baik kita meningkatkan kewaspadaan kita, terus membangun kerohanian kita, sehingga semakin siap menghadapi masa-masa sukar di depan kita.

REFLEKSI
Hal-hal apa sajakah yang telah Anda lakukan untuk membangun iman Anda? Sudahkah Anda siap menghadapi masa-masa sukar yang mungkin menghadang Anda  di masa depan?

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku agar semakin bersungguh-sungguh memperhatikan pertumbuhan imanku.

TINDAKANKU
Aku akan menyediakan waktu yang lebih teratur untuk beribadah setiap Minggu, maupun untuk membaca Alkitab dan berdoa setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«