suplemenGKI.com

Bacaan : Matius 28 : 16- 20. ( Lanjutan )

“Ajarlah Mereka”

 

PENGANTAR.
Bagian akhir dari Amanat Agung Tuhan Yesus adalah, “Ajarlah mereka  melakukan segala sesuatu yang telah  Ku perintahkan kepadamu….”.  bagian ini  merupakan bagian yang memiliki bobot perintah yang tidak kalah penting dengan Amanat yang sebelumnya. Gereja harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh agar umat percaya imannya dapat bertumbuh menjadi dewasa.

PEMAHAMAN.

1. Mengapa Tuhan Yesus memerintahkan supaya para murid untuk mengajarkan
orang percaya lainnya untuk melakukan perintah Yesus ? (ayat 20 )

2. Apa saja yang harus diajarkan ? (ayat 20 )

3. Apa janji Tuhan kepada para murid ? (ayat 20)

Tuhan Yesus mengucapkan perintah ini setelah IA mengajar para muridNYA secara intensif selama tiga setengah tahun. Siang malam Yesus Kristus Sang Guru Besar bersama-sama dengan para muridNya, dan pada akhir kebersamaan mereka, sebelum Sang Guru besar  menyelesaikan tugas pengajaranNya IA menyuruh mereka mengajarkan segala sesuatu yang telah mereka pelajari dari DIA. Itu bukan pekerjaan ringan, baik dari segi materi maupun luasnya wilayah pengajaran, sebab mereka diperintahkan menjadikan semua bangsa murid Yesus. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tugas pengajaran gereja kepada umat didasarkan  atas perintah Yesus Kristus ini. IA sendiri yang meletakkan dasar pengajaran bahkan yang menentukan isi  dan tujuannya.

Bagi para murid tugas mengajar orang-orang yang telah percaya sungguh sangat berat, materi yang diajarkan meliputi semua Perintah Yesus yang telah mereka terima dari Guru Besar selama tiga setengah tahun. Mereka juga dituntut untuk dapat melakukan  segala pengajaran Yesus, jadi bukan sekedar menerima materi tapi juga melakukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan belajar Firman Tuhan setiap hari. Tujuannya adalah agar setiap orang yang percaya menjadi dewasa secara iman.  Jangkauan pengajarannya adalah semua orang yang telah percaya dari semua bangsa di bumi ini. Agar tujuan dari Amanat ini tercapai maka setiap orang percaya harus belajar Firman Tuhan secara maksimal melalui Saat teduh pribadi, KTB (KOMPAS), atau PA-PA yang ada di sektor dan gereja. Semakin kita banyak belajar Firman Tuhan maka kita akan semakin diperlengkapi sebagai saksi Kristus dan pelayanNya.

Mengingat bahwa tugas tersebut luar biasa beratnya, maka Tuhan Yesus tidak membiarkan mereka tanpa pertolongan dan pengharapan, sebab setelah IA memerintahkan, “Ajarlah mereka…….” Yesus berjanji, “Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”. Janji ini sungguh menghibur dan menguatkan kita yang terlibat dalam bidang pendidikan ajaran Kristus.  Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI.
Marilah kita merenungkan, Sudah berapa lama saudara menjadi orang kristen ? seberapa sering saudara belajar Firman Tuhan ? sudahkah saudara mengajarkan ajaran Kristus di rumah saudara, dengan bersaat teduh bersama ?

TEKADKU.
Ya  Tuhan tolonglah saya untuk melatih diri saya dapat bersaat teduh secara rutin, tolonglah saya untuk dapat melakukan FirmanMu.

TINDAKANKU.
Saya akan berupaya memimpin bersaat teduh bersama di rumah.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«